Pemudik Tol Palindra Meningkat 25 Persen di Lebaran 2019

Tim, CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 14:42 WIB
Pemudik Tol Palindra Meningkat 25 Persen di Lebaran 2019 Tol Palembang-Indralaya digunakan oleh 200 ribu pemudik pada arus mudik Lebaran 2019. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Palembang, CNN Indonesia -- Jumlah rata-rata pemudik yang menggunakan tol Palembang-Indralaya (Palindra) meningkat sekitar 25 persen, dari semula 12 ribu per hari menjadi 15 ribu per-hari.

Hingga Sabtu (8/6) lalu, tercatat 200 ribu lebih kendaraan melintas di Tol Palindra, sementara pada periode yang sama 168 ribu kendaraan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Operasional Hutama Karya (HK) Cabang Tol Palindra Darwan Edison.


"Kondisi arus mudik dan balik yang menggunakan tol Palindra terpantau aman dan lancar. Pemudik yang melintasi tol Palindra ini asalnya dari beberapa daerah seperti Jambi, Bangka, Pekanbaru, Padang, dan tentunya Palembang," ujar Darwan, Senin (10/6).

Puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (1/6) yang mencapai 14.982 kendaraan, sementara puncak arus balik diperkirakan terjadi Sabtu (8/6) lalu dengan 20.653 kendaraan melintas.

"Peningkatan penggunaan tol Palindra didorong tol Palembang-Lampung yang sudah beroperasi fungsional. Kecelakaan di tol Palindra tahun ini saat mudik pun nihil. Kita imbau kepada pengendara untuk tetap berhati-hati," ujar dia.

Beberapa penghambat yang sering menyebabkan kemacetan, ujar Darwan, adalah kartu e-tol milik pengemudi yang tidak terisi atau pengemudi tidak memiliki kartu. Pihaknya terus mensosialisasikan serta mengimbau pengemudi untuk mengisi kartu tersebut sebelum menggunakan tol untuk menghindari kemacetan.

"Masih ada kemacetan di gerbang tol tapi tidak signifikan. Kebanyakan disebabkan oleh penggunaan e-tol yang kurang lancar. Kami imbau kepada pengemudi untuk memastikan kartu terisi dan saldo cukup sebelum melintas di jalan tol," ujarnya.

Tol Palindra diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2017 dan baru digunakan untuk mudik sejak lebaran tahun lalu. Tol ini juga baru beroperasi secara fungsional mulai H-7 lebaran tahun lalu. Tol Palindra merupakan bagian dari mega-proyek Tol Trans Sumatera.

(idz/vws)