FOTO: Potret Pendangkalan Waduk Pluit Jakarta

Andry Novelino, CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 20:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berawal dari retweet Twitter Menteri KKP Susi Pudjiastuti, kondisi pendangkalan Waduk Pluit di Jakarta Utara menjadi perhatian publik.

Berawal dari retweet Menteri KKP Susi Pudjiastuti atas berita foto kondisi memprihatinkan Waduk Pluit di Jakarta Utara, publik lantas menyoroti kondisi pendangkalan di waduk tersebut. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Menanggapi ramainya pembahasan Waduk Pluit di media sosial, Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan pendangkalan dipengaruhi oleh pengerukan yang dilakukan sejak April lalu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Yusmada menyatakan setidaknya enam eksavator diturunkan untuk melakukan pengerukan di Waduk Pluit sejak April 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Jakarta Yusmada Faizal menjelaskan untuk pengerukan Waduk Pluit, pihaknya sengaja menurunkan air ke kondisi low water level agar pekerjaannya efektif. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Menurut Anies, air yang berkurang di Waduk Pluit akibat pengerukan itu justru menjadi tanda bahwa Waduk Pluit sedang dipelihara, bukan ditelantarkan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Hampir sepertiga luas waduk Pluit, Jakarta Utara mengalami pendangkalan, dan Pemprov DKI pun melakukan pemeliharaan lewat pengerukan sedimen. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Waduk Pluit adalah sarana pengendali banjir utama untuk mengatasi banjir di DKI Jakarta. Waduk ini memiliki luas 80 hektare, dengan dam catchment area 2.400 hektare. (CNNIndonesia/Andry Novelino).
Yusmada menyatakan Waduk Pluit memiliki instalasi strategis yang harus dipastikan siap menampung air saat musim hujan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kembali ke Menteri Susi, dalam kicauan selanjutnya dia lantas meminta netizen tidak saling menghujat, melainkan mendukung agar waduk-waduk di Jakarta terpelihara. (CNN Indonesia/Andry Novelino)