Kader Senior Demokrat Mau AHY Jadi Ketum Gantikan SBY

CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 18:42 WIB
Kader Senior Demokrat Mau AHY Jadi Ketum Gantikan SBY Anggota majelis tinggi Partai Demokrat Max Sopacua. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua menyatakan bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah figur potensial yang dapat menjadi ketua umum selanjutnya menggantikan ayahannya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). AHY juga dianggap sebagai satu-satunya tokoh yang dapat dicalonkan pada Pilpres 2024.

Diketahui, Max bersama sejumlah kader senior lainnya membentuk Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD). Salah satu tujuannya ada mendorong Kongres Luar Biasa pada September mendatang untuk membenahi organisasi partai.

"Kalau Kongres Luar Biasa (KLB) kita tidak susah-susah. Pak SBY tinggal minta AHY melanjutkan memimpin partai ini. Tidak ada masalah," kata Max di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (13/6).


Andai AHY menjadi Ketum, Max tidak cemas dengan anggapan Demokrat adalah partai milik keluarga SBY. Menurutnya, anggapan itu akan sirna dengan sendirinya apabila seluruh kader memang menginginkan AHY menjadi ketum melalui KLB.

Untuk Pilpres 2024, Max tidak menyebut apakah AHY bakal diusung sebagai capres atau cawapres. Max hanya mengatakan bahwa AHY adalah satu-satunya tokoh yang paling potensial.

"Saya kira saat ini AHY berada paling depan. Satu-satunya yang memang diusulkan maju di 2024. Ada juga Ibas dan lain lain. Tapi AHY adalah figur yang kami kira sudah disiapkan untuk maju 2024," kata Max.

Bahkan, Max juga tidak sungkan menyebut AHY sebagai tokoh yang paling berpotensi masuk dalam kabinet pemerintahan periode 2019-2024. Dia mengamini topik pembicaraan tersebut masih terlalu dini.

Namun, jika memang Demokrat bergabung dalam koalisi pemerintahan saat ini, AHY bakal didorong untuk menjadi menteri.

"Ya kalau sekarang mau diajak gabung pemerintah ya memang Pak AHY sudah terlihat. Ada kecenderungan ke arah sana," ucap Max.

[Gambas:Video CNN] (bmw/osc)