Polisi Sebut Arus Lalin di Jakpus Lancar Meski Ada Penutupan

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 10:30 WIB
Polisi Sebut Arus Lalin di Jakpus Lancar Meski Ada Penutupan Penutupan jalan di sekitar Mahkamah Konstitusi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan arus lalu lintas di wilayah Jakarta Pusat masih normal. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol M Nasir, menyatakan lalu lintas masih lancar meski dilakukan penutupan beberapa ruas jalan lantaran ada sidang perdana gugatan perselisihan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Masih berjalan normal," kata dia saat dikonfirmasi, Jumat (14/6).
Namun, kata Nasir, arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan menuju MK terpantau mulai tersendat. Misalnya, di ruas depan Stasiun Gambir arah Lapangan Banteng.

"Meriah di depan Stasiun Gambir arah ke Lapangan Banteng, karena di depan yang mengarah ke Merdeka Utara ditutup dan diluruskan ke Lapangan Banteng," ucapnya.


Sementara itu arus lalu lintas di sekitar lampu lalu lintas Harmoni sejauh ini, menurutnya masih lancar. Ruas jalan pun ditutup di sana. Alhasil kendaraan diarahkan ke Jalan Juanda dari Jalan Suryopranoto maupun dari Jalan Gajah Mada.

"Untuk di Patung Kuda lancar diarahkan ke Merdeka Selatan. Untuk Tanah Abang 1 dan 2 masih ramai dan lancar untuk ke Abdul Muis. Kepadatan hanya menjelang TL dan potongan arus," katanya.
Ia mengatakan jika nantinya kepadatan di sejumlah ruas jalan, pihaknya bakal mengurainya. Caranya, dengan menggunakan teknik alih arus jalan ke ruas terdekat.

"Kepadatan akan diurai dengan teknik alih arus ke jalan terdekat dan dilakukan penjagaan dan pengaturan," kata dia.

Terkait prosedur pengamanan sidang sengketa Pilpres 2019, polisi menutup Jalan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melaksanakan rekayasa lalu lintas yang diterapkan mulai sebelum dan saat sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di MK.

Ruas jalan di sekitar gedung MK yang ditutup adalah:

1. Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur dan barat, penempatan MCB barrier di depan Museum Gajah.

2. Jalan Medan Merdeka Utara MCB Barrier di depan gedung Kemendagri.

3. Jalan Veteran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni.

4. Jalan Majapahit ujung Harmoni.

5. Jalan Abdul Muis arah utara di Jalan Tanah Abang 2.

6. Jalan Veteran 3 depan Bina Graha.
Sementara itu, rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung MK adalah:

1. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira.

8. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

[Gambas:Video CNN] (sah/ayp)