Massa FPI Hadir Aksi Damai, Ketum Sebut untuk Dukung MK

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 15:31 WIB
Massa FPI Hadir Aksi Damai, Ketum Sebut untuk Dukung MK Massa FPI ikut melakukan aksi damai di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Front Pembela Islam (FPI) menegaskan pihaknya kehadiran mereka dalam aksi damai di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat sebagai bentuk dukungan kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini disampaikan Ketua Umum FPI Sobri Lubis.

Menurutnya, aksi mereka semata-mata hanya untuk mendukung penuh dalam menggelar sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang tengah digelar.

"Kita akan menunjukkan bahwa kita mendukung kebenaran, kita dukung MK," kata Sobri saat ditemui di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (14/6).



Sobri mengatakan kehadirannya dalam aksi tersebut bukan terkait urusan politik. Ia mengatakan kehadirannya merupakan urusan hati nurani untuk mencari keadilan dan kebenaran.

"Kita ingatkan kita datang ke sini bukan urusan dukung mendukung, ini bukan urusan politik," kata Sobri.

Lebih lanjut, Sobri mengapresiasi imbauan yang diberikan oleh calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang melarang para pendukungnya untuk hadir di MK. Ia pun mengaku belum ada koordinasi dengan pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga untu menghadiri aksi kali ini.

Ia mengaku kehadiran FPI hanya sekadar menyampaikan aspirasi masyarakat yang telah dijamin oleh Undang-undang Dasar 1945.

"Selama kita diperbolehkan oleh konstitusi untuk menyatakan pendapat, itu harus kita sampaikan," kata dia.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto telah meminta agar para pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong mendatangi MK saat sidang digelar nanti.

Prabowo meminta pendukungnya untuk percaya pada dirinya dan calon wakilnya, Sandiaga Uno dalam menghadapi sengketa Pilpres yang mulai disidangkan 14 Juni mendatang. (rzr/eks)