Massa Aksi Kawal MK Bubar Usai Doa Bersama

CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 17:09 WIB
Massa Aksi Kawal MK Bubar Usai Doa Bersama Peserta unjuk rasa di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi untuk mengawal sidang sengketa Pilpres 2019, Jumat (14/6). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi demonstrasi kawal sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Mahkamah Konstitusi (MK) yang digelar di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat hari ini, Jumat (14/6) selesai dilaksanakan.

Massa aksi berangsur-angsur mulai membubarkan diri sejak sekitar pukul 16.10 WIB, usai pembacaan zikir dan doa yang dipimpin oleh Ketua Umum Front Pembela Islam Sobri Lubis.

Sobri, yang menjadi salah satu orator aksi ini awalnya menggelar doa dan zikir, meminta kepada Allah SWT untuk selalu menjaga dan menyelamatkan bangsa Indonesia.


"Kami minta kepadamu agar selamatkan kami, selamatkan bangsa Indonesia, kau jadikan manusia-manusianya menjadi manusia yang baik dan bertakwa," kata Sobri.

Setelah itu, Sobri lantas meminta massa membubarkan diri menuju rumahnya masing-masing.

"Silakan kembali ke masjid masing-masing untuk salat Asar silakan, yang udah jamak silakan, semoga Allah memberkahi perjuangan kita semua," kata dia.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah massa aksi berduyun-duyun meninggalkan Jalan Medan Merdeka Barat. Mereka pergi sambil memungut sampah seperti bekas botol air mineral dan bungkus rokok.

Jalan Medan Merdeka Barat pun masih ditutup oleh aparat. Tampak pula, petugas kepolisian yang berjaga sibuk mengatur arus lalu lintas yang mulai padat imbas dari berakhirnya massa aksi.

Ribuan orang aksi damai ini berunjuk rasa untuk mengawal sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memadati Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat atau persisnya di dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada Jumat (14/6) sejak siang. (rzr/wis)