Jumlah Motor Program Motis Kemenhub Meningkat pada Mudik 2019

Kemenhub & Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 02:08 WIB
Jumlah Motor Program Motis Kemenhub Meningkat pada Mudik 2019 Ilustrasi program Motis Kemenhub (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyelenggaraan program angkutan motor gratis (Motis) Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengalami peningkatan pada momen Idulfitri 2019. Jumlah motor yang diangkut disebut meningkat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, sebanyak 19.141 sepeda motor mengikuti program Motis pada momen Lebaran kali ini. Angka tersebut meningkat dari tahun 2018 sebanyak 17.147 sepeda motor.

"Jika dibandingkan dengan tahun 2018, ada peningkatan 11,63 persen," ujar Zulfikri dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (14/6).

Pada hari terakhir, Jumat (14/6), sebanyak 318 sepeda motor tiba di Stasiun Jakarta Gudang. Kloter terakhir ini berangkat dari Stasiun Pasar Turi, Surabaya melewati Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta dan mengakhiri perjalanan di Jakarta.

Program Motis ditutup bersamaan dengan penutupan Posko Nasional Angkutan Lebaran Tahun 2019.

Pemerintah mengapresiasi masyarakat yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan program Motis. "Dengan mengikuti program Motis, masyarakat membantu mengurangi beban kepadatan jalan," kata Zulfikri.

Pemerintah juga menyadari masih adanya beberapa kekurangan dalam pelaksanaan program Motis. Zufikri mengatakan, sosialisasi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan akan terus ditingkatkan.

"Perbaikan serta peningkatan pada sistem Motis akan dilakukan demi pelayanan yang lebih baik demi meningkatkan minat masyarakat," pungkas Zulfikri.

[Gambas:Video CNN]


(asr)