Sofjan Jacob Penuhi Panggilan Polda: Saya Tak Tahu Salah Apa

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 10:56 WIB
Sofjan Jacob Penuhi Panggilan Polda: Saya Tak Tahu Salah Apa Mantan Kapolda Metro Jaya, Sofjan Jacob, memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus makar pada Senin (17/6). (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia --
Mantan Kapolda Metro Jaya Sofjan Jacob memenuhi panggilan polisi yang pertama untuk pemeriksaan kasus dugaan makar, Senin (17/6). Kendati demikian, Sofjan mengaku tidak tahu kesalahan apa yang ia perbuat.

Sofjan hadir di bekas tempatnya bekerja pada Senin (17/6) pukul 10.15 WIB. Sofjan langsung menuju ruangan pemeriksaan Direktorat Kriminal Umum Polda Metro tempat ia akan menjalani pemeriksaan. Lalu kepada pewarta, ia mengaku tak tahu kesalahan apa yang ditimpakan kepadanya.

"Saya enggak tahu apa salah saya," kata Sofjan singkat.


Sofjan menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dugaan makar. Ia ditetapkan sebagai tersangka sejak 29 Mei lalu. Dalam agenda pemeriksaan sebelumnya, ia berhalangan hadir sehingga diundur menjadi hari ini.


Sofjan diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti.

Dalam kasus ini, Sofjan disangkakan melanggar Pasal 107 KUHP dan/atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Jadi saya akan datang sebagai purnawirawan Polri yang taat dan patuh pada hukum. Jadi saya akan penuhi panggilan-panggilan ini," kata Sofjan.

(bin/ain)