Truk Terperosok di Jembatan, Jalur Sumsel-Lampung Putus

CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 15:21 WIB
Truk Terperosok di Jembatan, Jalur Sumsel-Lampung Putus Foto ilustrasi. (Foto: REUTERS/Caren Firouz)
Palembang, CNN Indonesia -- Sebuah truk berbobot 40 ton terperosok di Jembatan Pematang Panggang, Mesuji, Lampung, Senin (17/6). Akibatnya jembatan yang menghubungkan ruas jalan Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan dan Mesuji, Lampung itu tak bisa dilalui.

Lalu lintas diarahkan ke Jalan Tol Trans Sumatera di Kayu Agung yang belum sepenuhnya jadi.

Kapolres OKI Ajun Komisaris Besar Donny Eka Saputra mengatakan truk terperosok di lubang di jembatan tersebut.


"Lokasi jembatannya di Mesuji Lampung, bukan OKI. Namun dampak kemacetannya sampai ke OKI, malah ke Ogan Ilir (OI). Macetnya sampai ke Kecamatan Sungai Pinang, OI. Belasan kilometer macetnya," ujar Donny saat dihubungi.

Untuk mengurai kemacetan, Polres OKI bekerjasama dengan Dinas Perhubungan OKI dan kontraktor proyek tol Pematang Panggang-Lampung untuk membuka jalan tol.

Kendaraan kecil dialihkan ke tol sedangkan truk dan kendaraan bertonase besar lainnya diarahkan untuk memutar balik ke Indralaya, Ogan Ilir untuk melintasi Jalan Lintas Tengah Sumatera.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Komisaris Besar Dwi Asmoro mengatakan karena kemacetan panjang jalur lintas timur ditutup. Semua kendaraan yang hendak menuju Lampung dari arah Sumsel akan dialihkan ke lintas tengah melintasi Kabupaten Ogan Ilir, Prabumulih, dan Baturaja.

Petugas akan ditempatkan di sejumlah titik untuk membantu pengendara.

Dwi mengatakan volume kendaraan yang melintasi jalur lintas timur per hari mencapai 2.000 kendaraan.

"Diperkirakan penutupan ini akan berlangsung selama 2 minggu jadi masyarakat diharap untuk tidak menggunakan jalur ini sementara waktu," kata Dwi. (idz/sur)