Cegah Macet di Tol, Korlantas Usulkan 'Rest Area' Khusus

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 01:26 WIB
Cegah Macet di Tol, Korlantas Usulkan 'Rest Area' Khusus Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (tengah) mengusulkan pendirian rest area khusus. (CNN Indonesia/Shaskya Thalia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri mengusulkan pembuatan tempat peristirahatan di jalan tol atau rest area khusus untuk mencegah kemacetan.

Rest area khusus itu, kata dia, hanya diperuntukkan bagi tujuan tertentu. Misalnya, isi bahan bakar, isi ulang atau top up kartu elektronik.

Hal ini berdasarkan hasil evaluasi terhadap rest area di jalan tol yang dianggap sebagai penyumbang kemacetan saat arus mudik dan balik balik pada musim Lebaran 2019.


"Tadi saya sampaikan juga mungkin bisa kita tetapkan [rest area pada] jarak-jarak tertentu yang hanya menyiapkan item-item tertentu saja. Bisa saja Km 50 yang disiapkan di situ bahan bakar ya," kata Refdi di gedung National Traffic Management Center (NTMC), Jakarta, Selasa (18/6).

"Kemudian pelayanan kesehatan dan pelayanan kerusakan ringan. Ada toilet , ada beli aqua di situ dan lain-lain," tambahnya.

Kepadatan kendaraan di rest area tol fungsional, Penarukan, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (9/6). Kepadatan kendaraan di rest area tol fungsional, Penarukan, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (9/6). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Refdi menganggap masyarakat sudah membawa makanannya sendiri saat dalam perjalanan. Justru yang terpenting saat perjalanan, menurut Refdi, adalah bahan bakar kendaraan.

"Kalau kita lihat pergerakan masyarakat yang khususnya arus balik itu lengkap dengan makan ringan dalam mobil dan minuman ringan, tapi kan tidak bawa jeriken untuk BBM. Makanya perlu full tank," ujarnya.

Oleh karena itu, Refdi berharap jika rest area khusus terealisasi pada lebaran tahun depan dan kemacetan pun bisa diminimalisasi.

"Kalau kita bisa lakukan ini akan sangat membantu. Sehingga masyarakat yang lain bisa istirahat dan bisa buang air kecil. Kemudian bisa lanjutkan perjalanan," ujar Refdi.

Sebelumnya diberitakan, arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek pada H-4 Lebaran atau Sabtu malam sempat tersendat di sejumlah titik menuju rest area.

Seperti yang terpantau di titik menuju rest area kilometer 57 wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat terjadi antrean cukup panjang kendaraan yang akan masuk rest area itu.

Cegah Macet Lebaran, Korlantas Usulkan 'Rest Area' KhususFoto: Jasa Marga
Pantauan di lokasi, antrean kendaraan pemudik yang akan masuk rest area mengganggu arus lalu lintas, karena "ekor" antrean kendaraan itu sampai ke jalan tol Jakarta-Cikampek.

Kementerian Perhubungan juga sempat mengimbau para pemudik Lebaran 2019 untuk tidak berhenti terlalu lama di rest area atau lokasi peristirahatan yang ada di jalan tol.

(sas/arh)