Khofifah Jalan Kaki ke Istana: Aku Tukang Naik Gunung

CNN Indonesia | Selasa, 18/06/2019 15:33 WIB
Khofifah Jalan Kaki ke Istana: Aku Tukang Naik Gunung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku jalan kaki ke Istana karena penutupan jalan di sekitar monas. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku berjalan kaki dari Hotel Sriwijaya, Jalan Veteran, sampai ke Istana Kepresidenan, Jakarta, saat mengetahui akses jalan ditutup karena sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Di ruas Jalan Veteran dipasang pagar kawat. Kendaraan motor maupun mobil untuk sementara tak bisa melalui jalan tersebut.

"Iya [jalan kaki dari] Sriwijaya Hotel. Aku ini tukang jalan, tukang naik gunung, jadi biasa aja," kata Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.


Khofifah memilih jalan kaki agar tak telat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan mobilnya tak bisa lewat karena ada pagar kawat yang membentang menutup jalan menuju Istana.

"Di situ ada apa itu [pagar kawat]," ujarnya.

Khofifah bertemu Jokowi untuk membahas sejumlah usulan pembangunan infrastruktur di wilayah Jawa Timur. Provinsinya menjadi salah satu wilayah yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat, selain Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua.

Diketahui, sejumlah jalan di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta ditutup menggunakan kawat hingga papan beton (Moveable Concrete Barrier/MCB) saat sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK, sejak pagi tadi.

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, ruas jalan yang ditutup sementara saat pelaksanaan sidang sengketa Pilpres 2019, di antaranya Jalan Medan Merdeka Utara. Jalan tersebut dipasang kawat dan beton yang membentang di depan Kementerian Dalam Negeri.

Kemudian ruas Jalan Veteran yang mengarah ke Istana. Ruas jalan tersebut ditutup dengan pagar kawat. Pengendara mobil maupun motor pun harus memutar balik.

Selain itu, Jalan Veteran III ditutup pagar kawat. Pagar kawat juga dipasang di Jalan Majapahit, di ujung lampu lalu lintas arah Harmoni. Pengendara diarahkan untuk lurus ke Jalan Suryopranoto dan Jalan Gajah Mada.

Sementara Jalan IR. H. Juanda masih bisa dilalui. Selama penutupan sejumlah ruas jalan sekitar Istana, Presiden Joko Widodo masuk melalui pintu gerbang Jalan IR. Juanda.

Jalan Medan Merdeka Barat dari Patung Arjuna Wijaya juga ditutup. Di sana dipasang pagar kawat dan papan beton yang membentang menutup jalan yang mengarah ke MK maupun Istana.

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)