Rakernas PDIP Bahas Hasil Pemilu hingga Pimpinan Legislatif

CNN Indonesia | Rabu, 19/06/2019 07:21 WIB
Rakernas PDIP Bahas Hasil Pemilu hingga Pimpinan Legislatif Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pereira memastikan bahasan Rakernas PDIP seputar hasil Pemilu 2019, hingga pembahasan kursi pimpinan-pimpinan legislatif. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan yang akan digelar Rabu (19/6) ini disebut akan membahas evaluasi pelaksanaan pemilu serentak 2019 hingga persiapan menuju gelaran Kongres V yang akan digelar pada Agustus 2019 mendatang.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan Rakernas tersebut akan menjadi ajang evaluasi bagi PDIP, baik kepengurusan di tingkat pusat maupun daerah usai berakhirnya Pemilu 2019.

Ia mengatakan bahwa performa mesin partai di beberapa daerah dalam Pemilu 2019 terlihat kurang maksimal, meski PDIP telah diumumkan sebagai pemenang pemilu 2019.


"Nanti itu jabatan-jabatan di daerah yang menyangkut evaluasi pemilu, karena ada daerah yang kita enggak ada dapat kursi sama sekali seperti di Sumatra Barat ini kan treatment khusus harus dilakukan. Mereka harus membuat laporan," kata Andreas di kompleks MPR/DPR, kemarin.


Lebih lanjut, Andreas mengatakan dalam forum Rakernas IV juga akan disampaikan laporan evaluasi dari pengurus daerah PDIP seluruh Indonesia dan badan-badan partai setelah Pemilu 2019 usai.

Ia tak menginginkan apabila para pengurus daerah hanya mengklaim kemenangan PDIP di wilayahnya masing-masing berkat bekerjanya mesin struktur partai.

Andreas curiga bahwa kemenangan PDIP di berbagai daerah pada Pemilu 2019 tak bisa lepas dari kondisi perpolitikan nasional yang berdampak ke daerah-daerah.

"Nah di situ kita melakukan evaluasi, supaya teman-teman di daerah juga paham, jangan mengklaim-klaim menang, ternyata karena bukan kerja dia gitu kan. Tapi karena politik nasional yang mempengaruhi situasi di daerah tersebut dan ini banyak terjadi seperti itu," kata dia.

Tak hanya itu, Andreas menjelaskan agenda itu turut membahas mengenai persiapan menuju Kongres V PDIP yang digelar di Bali pada bulan Agustus 2019 mendatang.


Ia mengatakan PDIP akan mengawal penuh pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan. Agenda Rakernas, kata dia, sekaligus menyatukan kekuatan PDIP dari tingkat pusat hingga ke level daerah.

"Juga sekarang [membahas pimpinan] DPRD kan, DPRD itu juga ada agenda-agenda untuk mengisi jabatan pimpinan-pimpinan DPRD. Begitu juga DPR dan MPR," kata dia.

Terpisah, Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDI, Eva Kusuma Sundari menyatakan rakernas yang akan digelar di DPP PDIP, Menteng Jakarta Pusat itu akan berlangsung secara tertutup. Ia sendiri enggan menyatakan alasan gelaran rakernas digelar secara tertutup lebih lanjut.

"Resmi, [Rakernas] tertutup," ujar Eva saat dihubungi.

[Gambas:Video CNN] (rzr/ain)