Polri Sebut Belum Ada Polwan Daftar Capim KPK

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 04:18 WIB
Polri Sebut Belum Ada Polwan Daftar Capim KPK Karponemas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut belum ada polwan daftar capim KPK. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan hingga saat ini belum ada polisi wanita (polwan) yang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dedi menyebut dari data terakhir baru sembilan orang perwira tinggi Polri yang mendaftarkan diri.

"Ya info yang saya dapat masih belum ada (polwan)," kata Dedi di Mabes Polri, Rabu (19/6).


Diketahui, dalam susunan pimpinan KPK pada periode saat ini terdapat seorang polwan yakni Basaria Panjaitan. Di Korps Bhayangkara, Basaria diketahui memiliki pangkat terakhir Inspektur Jenderal.

Dedi mengungkapkan sembilan perwira tinggi yang mendaftar tersebut memiliki pangkat Brigadir Jenderal dan Inspektur Jenderal. Namun, Dedi masih enggan mengungkapkan nama-namanya.

"Nama belum, karena kita masih tunggu keputusan akhir siapa-siapa yang memenuhi seleksi administrasi yang telah ditetapkan internal maupun ditetapkan oleh pansel," tuturnya.

Menurut Dedi, sampai saat ini sembilan perwira tinggi yang mendaftarkan diri tersebut masih diseleksi secara internal.

Seleksi internal itu mengacu pada Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2015. Disampaikan Dedi, aturan itu mengatur bahwa jika ada anggota Polri melakukan penugasan khusus maka harus mengikuti seleksi di internal terlebih dahulu.

"Diseleksi siapa-siapa yang punya kompetensi rekam jejak dan pengalaman tugas yang lebih kompeten di bidang hukum," ujarnya.

Nantinya, bila perwira tinggi tersebut telah memenuhi seluruh persyaratan dalam proses seleksi internal, maka Polri akan mengirim surat rekomendasi ke Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK.

Pendaftaran seleksi calon pimpinan KPK diketahui dibuka mulai 17 Juni sampai 4 Juli 2019 dari pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pendaftar bisa langsung datang ke Sekretariat Pansel KPK, Kementerian Sekretariat Negara, Gedung 1 lantai 2, Jalan Veteran.

[Gambas:Video CNN] (dis/arh)