Saksi Sebut Gubernur Ganjar Pernah Ajarkan Aparat Tak Netral

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 01:44 WIB
Saksi Prabowo menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah menyampaikan agar aparat sebaiknya tak netral jika ingin memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saksi tim Prabowo-Sandiaga Uno, Hairul Anas menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pernah menyampaikan agar aparat sebaiknya tak netral jika ingin memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Hal ini disampaikan Ganjar saat memberikan pelatihan saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf di Hotel El Royale Jakarta pada Februari lalu. Anas saat itu menjadi perwakilan dari calon legislatif Partai Bulan Bintang yang mendukung pasangan calon nomor urut 01 itu.


"Pak Gubernur Jateng saat itu menunjukkan data statistik bahwa untuk memenangkan (01) aparat sebaiknya tidak netral. Beberapa kali disampaikan, kalau netral buat apa," ujar Anas saat menyampaikan keterangan sebagai saksi dalam sidang sengketa pilpres di ruang sidang MK, Jakarta, Rabu (19/6).


Anas mengatakan maksud netral itu merujuk bahwa tim Jokowi telah mendapat back up dari aparat. "Kita memang dimotivasi dari pagi sampai malam. Katanya kalau aparat netral buat apa? Jadi ya kalau diartikan semacam kita sudah di-back up aparat. Ya harus confident kita harus maju," katanya.

Selain dari Ganjar, Anas juga menerima materi pelatihan dari Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto tentang strategi memenangkan suara dengan menyebut pasangan calon 02 identik dengan ekstrem dan radikal. Hal ini sempat ditanyakan Ketua Tim Hukum Prabowo, Bambang Widjojanto.


"Diksinya memang ekstrem, radikal, khilafah banyak diselipkan. Dan itu sudah umum di medsos," ucap Anas.

Ia juga mengaku menerima materi tentang strategi pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Sumatera yang disebut harus ditaklukkan melalui kepala daerah dan dukungan logistik.

"Jadi dari lurah sampai KPPS. Kalau bisa atur (strategi) sampai ke sel terkecil, ke KPPS-nya," tuturnya.


[Gambas:Video CNN] (psp/pmg)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK