KPK Sebut Irjen Firli akan Kembali ke Polri karena Promosi

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 19:42 WIB
KPK Sebut Irjen Firli akan Kembali ke Polri karena Promosi Gedung KPK. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli disebut akan segera kembali ke institusi asalnya, Polri, karena promosi jabatan.

"Dia dapat promosi kan. Kan dia mendapat jabatan baru," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Kamis (20/6).

Saut mengatakan kembalinya Firli ke Polri bukan karena dikembalikan oleh komisi antirasuah itu. Firli diketahui pernah diperiksa oleh pengawas intern karena dugaan pelanggaran etik.


"Kita sudah membahas itu, tapi bukan pada keputusan final artinya kemudian kembali ya itu prosesnya seperti itu," kata Saut.

Posisi Firli yang kosong itu, sambung dia, akan diisi oleh pelaksana tugas yang kemungkinan dijabat oleh Direktur Penyidikan Brigjen Panca Putra Simanjuntak.

"Karena memang kurang ya, tapi sementara yang ada sekarang bisa juga direkturnya," kata dia.

Sebelumnya, pegawai KPK juga mengirimkan petisi kepada pimpinan lembaganya berjudul 'Hentikan segala bentuk upaya menghambat penanganan kasus'. Mereka mengeluhkan masalah di bidang penindakan, salah satunya soal kebocoran dalam penyelidikan.

Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan terdapat proses pemeriksaan kepada Firli sebagai tindak lanjut atas petisi dari pegawai KPK tersebut.

"Rapim (rapat pimpinan) itu memutuskan itu diperiksa, dilakukan pemeriksaan oleh deputi pengawas internal. Kemudian KPK memberikan sepuluh hari kepada Deputi Pengawas Internal," kata Agus.

Selain itu, Firli sempat diperiksa dalam dugaan pelanggaran etik karena disebut bertemu dengan pihak yang berperkara di KPK, yakni eks Gubernur NTB Tuan Guru Bajang.

[Gambas:Video CNN] (SAH/arh)