Usai Evakuasi Malindo Air, Bandara Kembali Beroperasi

CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 23:52 WIB
Usai Evakuasi Malindo Air, Bandara Kembali Beroperasi Bandara International Husein Sastranegara kembali beroperasi. (Goldsztajn via Wikimedia (CC BY-SA 3.0))
Jakarta, CNN Indonesia -- Evakuasi pesawat pesawat Malindo Air rute Bandung-Kuala Lumpur selesai dilakukan pada pukul 21.30 WIB, Kamis (20/6). Pesawat tersebut tergelincir di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Kota Bandung, pada siang sebelumnya.

"Dapat kami informasikan bahwa saat ini Bandara Husein Sastranegara telah beroperasi kembali. Untuk perihal jadwal penerbangan, silakan berkoordinasi dengan pihak maskapai yang digunakan," tulis keterangan resmi Angkasa Pura II melalui akun Twitter @contactap2.


Pesawat Malindo Air bernomor penerbangan OD-301 berada pada posisi keluar dari landas pacu atau runway excursion. Peristiwa tersebut terjadi pada saat pesawat akan berbelok sebelum lepas landas di Bandara Internasional Husein Sastranegara.


Setelah kejadian tersebut, seluruh kru pesawat, pilot dan penumpang dievakuasi ke tempat yang aman. Pesawat dengan tujuan Bandung ke Kuala Lumpur membawa 122 orang yang terdiri dari 114 penumpang dan delapan anggota kru.

"Dapat kami informasikan bahwa pesawat yang dimaksud sudah berhasil dievakuasi oleh petugas kami," tulis @contactap2.


Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Kolonel Pnb. Bonang Bayuaji mengatakan seluruh penumpang dan kru Pesawat Malindo Air rute Bandung-Kuala Lumpur yang keluar dari landas pacu di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Kamis, selamat.

"Alhamdulillah tiga pilot dan lima pramugari serta seluruh penumpang aman, tidak ada yang terluka, kru juga aman. Semuanya selamat," kata Bonang di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, dikutip Antara.

Pihaknya juga berkomunikasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), evakuasi berjalan tenang dan secara umum pesawat masih baik. Dia mengatakan pesawat tersebut dikemudikan oleh Kapten Peros Khan.

Sebelumnya, Pesawat Malindo Air dengan nomor penerbangan OD-301 keluar dari landas pacu pada saat berbelok sebelum lepas landas pada pukul 14.25 WIB di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Kamis.


[Gambas:Video CNN] (hyg/pmg)