Gladi Resik HUT DKI, Jalan Utara Bundaran HI Ditutup Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 08:14 WIB
Gladi Resik HUT DKI, Jalan Utara Bundaran HI Ditutup Hari Ini Untuk menjamin pelaksanaan gladi resik HUT DKI Jakarta, dua ruas jalan, di utara Bundaran HI dan Sutan Syahrir, akan ditutup mulai pukul 14.00 WIB hari ini. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas menyusul diselenggarakannya Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta.

Rekayasa dilakukan mulai dari hari Jumat (21/6) bertepatan dengan Gladi Resik acara dan pada Sabtu (22/6) pada malam puncak acara.


Kemarin, pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan setidaknya dua ruas jalur jalan di Jakarta Pusat ditutup untuk pelaksanaan gladi resik hari ini.


Pertama, penutupan jalan dilakukan di sisi Utara Bundaran Hotel Indonesia pada pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB. Kemudian ruas Jalan Sutan Syahrir mulai ditutup pada pukul 05.00 WIB sampai dengan selesai. Atas dasar itu, sambung Sigit, akan ada rekayasa pengalihan lalu lintas imbas penutupan jalan tersebut.

"Pengalihan arus lalu lintas dilakukan dari arah Sarinah yang belok kiri menuju Jalan Sutan Syahrir dialihkan lurus ke arah Jalan Imam Bonjol atau Sudirman," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/6).

Sementara arus lalu lintas dari arah Kebon Kacang yang akan lurus menuju Sutan Syahrir atau putar balik ke arah Jalan Sudirman dialihkan belok kiri menuju Jalan MH Thamrin.

Arus lalu lintas dari arah Dukuh Atas yang akan belok kanan menuju Jalan Sutan Syahrir dialihkan lurus menuju Jalan MH Thamrin.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan peraturan lalu lintas yang ditetapkan dan mematuhi rambu serta petunjuk petugas di lapangan," kata Sigit.


Sementara itu, untuk merayakan HUT DKI Jakarta, panggung utama sudah dibangun di kawasan Bundaran HI mulai semalam.

"Jadi, nanti total akan ada lima panggung, yang acara akan dimulai dari pukul 16.00 hingga 00.00 WIB," kata Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Hari Wibowo seperti dilansir dari Antara.

Hari mengatakan pada malam puncak besok, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan hadir pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Acara yang menelan anggaran APBD sebesar Rp800 juta tersebut menghadirkan berbagai hiburan musik dan akan dimeriahkan oleh sejumlah artis seperti Siti Badriah dan video mapping.

"Kalau untuk anggaran dari ABPD Rp800 juta itu yang ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, sisanya tentu saja ada beberapa sponsor yang terlibat di dalamnya," kata Hari.


Sementara itu, Anies menyatakan untuk merayakan HUT DKI Jakarta, pemprov mengadakan sejumlah acara yang berkonsentrasi mengangkat ekonomi kreatif dan seni.

"Rangkaian acara yang telah kami siapkan dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kita ini, sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal," ujar kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6).

Acara itu akan dilakukan di sejumlah titik. Pertama akan ada kegiatan Live Mural di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat. Akan ada pelukisan di dinding sepanjang terowongan sisi utara tanggal 17 hingga 21 Juni 2019, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.

Titik kedua ialah di Kota Tua dengan nama 'Semasa' yakni konsep piknik bersama. Selain itu akan ada bazar di luar ruangan dan warga dapat melihat, membeli, dan menikmati berbagai produk kreatif di acara ini.

Titik terakhir ialah di Lapangan Banteng pada 22 Juni hingga 23 Juni 2019 dimulai pukul 10.00 hingga 18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB.


[Gambas:Video CNN] (ctr/kid)