Soenarko Dijamin Panglima TNI, BPN Ucapkan Terima Kasih

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 18:20 WIB
BPN mengapresiasi langkah Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang menjamin penangguhan Soenarko. BPN berharap panglima TNI juga menjamin Kivlan Zen. Juru Bicara BPN Dahnil Anzar. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengapresiasi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memberikan jaminan penangguhan penahanan terhadap mantan Danjen Kopassus Mayor Jenderal purnawirawan Soenarko.

Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Soenarko selayaknya dihormati karena merupakan purnawirawan.

"Kami tentu berterima kasih kepada Pak Panglima TNI. Yang jelas idealnya Pak Soenarko diperlakukan sebagai pensiunan yang dihormati," ujar Dahnil di Media Center BPN Prabowo-Sandi, Jakarta, Jumat (21/6).


Dahnil menuturkan sudah selayaknya Soenarko diperlakukan sama dengan tersangka lain. Sebab, ia menyebut Soenarko pejuang yang telah mengabdikan diri dan nyawanya untuk kepentingan Indonesia saat masih berstatus sebagai personel TNI.
Lebih lanjut, Dahnil meyakini Soenarko tidak melakukan makar seperti yang disangkakan selama ini. Sebab, menurutnya Soenarko merupakan mantan prajurit TNI. Soenarko juga diduga melakukan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal.

"Jadi mustahil bin mustahal Pak Soenarko itu makar," ujarnya.
Soenarko Dijamin Panglima TNI, BPN Ucapkan Terima KasihEks Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen (Purn) TNI Soenarko. (Detikcom/Rengga Sancaya)
Selain Soenarko, Dahnil menyampaikan BPN juga berharap jaminan serupa diberikan kepada mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen Purnawirawan Kivlan Zen yang menjadi tersangka atas tiga dugaan tindak pidana, yakni makar, kepemilikan senpi ilegal, serta pemufakatan jahat untuk membunuh empat tokoh nasional dan seorang pimpinan lembaga survei.
Ia menyebut Kivlan merupakan senior di kalangan TNI dan banyak berkontribusi bagi negara saat masih aktif maupun pensiun dari institusi TNI.

"Jadi idealnya Panglima TNI juga menjaminkan beliau (Kivlan) dan saya yakin Pak Kivlan tidak melakukan tindakan-tindakan di luar hukum apalai untuk negara yang selama ini dia perjuangkan," ujar Dahnil.

Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersedia penjadi pihak yang menjamin penangguhan penahanan Soenarko yang saat ini ditahan di Rutan POM Guntur, Jakarta.
[Gambas:Video CNN] (jps/ugo)


BACA JUGA