KPU Rencanakan Pilkada 2020 Digelar pada 23 September

CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 21:02 WIB
KPU Rencanakan Pilkada 2020 Digelar pada 23 September Ilustrasi Pilkada Serentak. KPU menyebut rencana gelaran Pilkada 2020 akan digelar pada 23 September 2020. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz menyebut Pilkada Serentak 2020 direncanakan akan digelar pada 23 September 2020. Viryan menyebut rencana itu akan dibicarakan hari ini bersama beberapa pihak terkait.

"Memang kewenangan itu di KPU, tetapi KPU juga perlu mengetahui pendapat atau pandangan dari stakeholder kunci, seperti Kemendagri, Komisi II, dan Bawaslu. Sementara ini rancangan kita pencoblosan 23 September 2020," ujar Viryan kepada wartawan di Kantor KPU, Jakarta, Senin (24/6).

Pilkada Serentak 2020, kata Viryan, akan mencakup 270 daerah. Sembilan di antaranya adalah pilkada di tingkat provinsi atau pemilihan gubernur.


Viryan menyebut KPU akan tancap gas melakukan persiapan usai merampungkan sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi.


"Kita rampungkan dulu, kami uji publik PKPU nya. Kemudian pekan depan kita FGD, kita matangkan," tuturnya.

Pilkada Serentak 2020 semula akan diikuti oleh 269 daerah yang juga menggelar pilkada pada 2015. Namun satu daerah, Kota Makassar, diikutsertakan karena tak menghasilkan pemenang pada Pilkada 2018. Saat itu, kotak kosong mengalahkan calon tunggal di Makassar.

Diketahui KPU menggelar uji publik untuk rancangan Peraturan KPU tahapan, program dan jadwal Pilkada 2020. Setelah uji publik rampung, kata dia, KPU berniat menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk PKPU tersebut.


Viryan menyebut setelah uji publik dan diskusi menghasilkan rekomendasi yang matang, KPU baru akan menetapkan pengesahan PKPU itu.

"Agar rencana pelaksanaan pilkada pada 23 September merupakan ketetapan resmi dari KPU," ujar dia.

Menurut Viryan, yang sudah dapat dipastikan adalah bulan pelaksanaan pemungutan suara pilkada yakni pada September. Sementara itu, penentuan tanggal masih merupakan rencana yang disusun KPU.

[Gambas:Video CNN] (dhf/ain)


BACA JUGA