Felix Siauw soal Konsep Khilafah: Bisa Dibicarakan Ilmiah

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 14:24 WIB
Felix Siauw soal Konsep Khilafah: Bisa Dibicarakan Ilmiah Felix Siauw mengatakan selama ini tidak terjalin komunikasi yang utuh dalam mendalami pemahaman pancasila dan konsep kekhilafahan yang menjadi bagian dari Islam. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ustaz Felix Siauw akhirnya berceramah di Masjid Fatahillah Balai Kota, setelah sebelumnya dikabarkan batal berdakwah di Masjid milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Usai ceramah, Felix menjelaskan duduk persoalan pembatalan dirinya. Ia mengatakan salah satu faktor pembatalan dirinya ialah banyaknya tudingan kepada dirinya mengenai isu intoleran.

"Selama ini komunikasinya tidak terjadi, tapi judge dari satu pihak ke pihak yang lain. Alhamdulillah Balaikota terbuka dan balaikota tidak mempermasalahkan sehingga kajiannya bisa tetap dilaksanakan," kata Felix di Masjid Balai Kota, Rabu (26/6).

Karena komunikasi yang tidak terbuka itu, menurut Felix, banyak pihak yang salah persepsi. Padahal kata dia perbedaan pendapat dan prinsip masih bisa dikomunikasikan, termasuk soal perbedaan pendapat antara Pancasila dan konsep khilafah.


"Kalau yang di highlight sedikit adalah saya mendakwakan khilafah bertentangan dengan pancasila. Padahal itu sebenarnya bisa kita bicarakan secara ilmiah," ujar Felix.

"Karena itu bukan perkara seperti komunisme, misalnya. Tapi itu bagian daripada Islam. Mungkin sebagian orang salah paham," lanjutnya.

Hal serupa ia ungkapkan pula soal Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pun, menurut Felix konsep HTI masih bisa dikomunikasikan karena bentuk ide dan pemikiran yang bisa diskusikan.

"Permasalahan tentang HTI kemudian dikatakan HTI adalah organisasi yang dilarang. Kemudian undang orang yang dilarang. Sebenarnya semua tentang ide, ide itu kan terbuka dimanapun," jelas dia.

Felix enggan buka-bukaan mengenai prosedur dirinya bisa ceramah di Masjid Fatahillah, Balaikota. Ia mengarahkan hal tersebut kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Wallahu Alam itu nanti dtanyakan kepada pihak pemprov. Tapi agendanya dari pihak masjid," tutup dia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sempat membatalkan ceramah yang bakal dihadiri Felix. Namun hari ini Felix tetap berceramah di Masjid Balai Kota. Saat berceramah, ia sempat menyinggung soal Islamofobia dan cerita hubungannya dengan orangtua pasca mualaf.
[Gambas:Video CNN] (ctr/gil)