Kasus Dana Kemah, Polisi Segera Periksa Tersangka Fanani

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 19:26 WIB
Kasus Dana Kemah, Polisi Segera Periksa Tersangka Fanani Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah).
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyidik Subdit Tipikor Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya segera memanggil Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Indonesia Ahmad Fanani. Polisi memanggil Fanani untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana kemah Pemuda Islam Indonesia 2017.

"Secepatnya akan kita panggil untuk dimintai keterangan sebagai tersangka dalam kasus itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi Rabu (26/6).

Namun, Argo masih belum bisa memastikan kapan pemanggilan itu akan dilakukan. Menurutnya, pemanggilan tersebut tergantung pada agenda penyidik.


"Kapan dipanggilnya ya tunggu agenda penyidik ya," ujarnya.

Sebelumnya, polisi menetapkan Ketua Panitia Kemah Pemuda Islam Indonesia, Ahmad Fanani sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana kemah Pemuda Islam Indonesia 2017.

Penetapan tersangka eks Bendahara PP Pemuda Muhammadiyah itu diketahui dari Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan yang dikirim oleh Polda Metro Jaya kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

Dalam SPDP tersebut, juga tertulis bahwa Fanani diduga telah menyebabkan kerugian negara kurang lebih sebesar Rp1,7 miliar.

Acara Kemah Pemuda Islam Indonesia yang berlangsung 2017 silam melibatkan dua organisasi kemasyarakatan, yakni Gerakan Pemuda Ansor dan PP Pemuda Muhammadiyah. Dua organisasi itu mendapat dana Rp5 miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Berdasarkan penelusuran polisi, laporan pertanggungjawaban GP Ansor tidak ditemukan penyimpangan. Sementara dalam laporan pertanggungjawaban Pemuda Muhammadiyah diduga terdapat penggunaan dana fiktif sebesar kurang dari setengah anggaran.

Dalam kasus tersebut, polisi diketahui telah memeriksa sejumlah saksi. Salah satunya, mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak.

[Gambas:Video CNN] (dis/osc)


BACA JUGA