Massa Makin Dekati Gedung MK, Aparat Mulai Bersiaga

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 14:03 WIB
Massa Makin Dekati Gedung MK, Aparat Mulai Bersiaga Massa pengunjuk rasa di MK jelang pembacaan putusan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan aparat kepolisian bersiaga merespons pergerakan massa aksi kawal sidang putusan MK, yang kini berunjuk rasa persis di depan pagar berduri yang dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Posisi massa ini semakin dekat dengan Gedung Mahkamah Konstitusi meski masih dibatasi dua lapis pagar berduri yang melintang.

Pergerakan massa aksi kawal sidang putusan MK ini dimulai di Patung Kuda. Di titik ini aksi dilakukan secara terpusat. Kemudian, massa perlahan maju menuju Jalan Medan Merdeka Barat ke arah Gedung Mahkamah Konstitusi.


Hingga pukul 13.35 WIB, massa sudah berada persis di depan pagar berduri yang dipasang di depan kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat. Mereka mendengarkan orasi dari atas mobil komando seraya mengibarkan bendera merah putih dan bendera hitam bertuliskan kalimat tauhid.
Aparat yang berada di balik pagar berduri di depan Museum Nasional mulai bersiap. Puluhan personel Sabhara mulai menggunakan helm dan rompi pelindung. Tongkat bambu dan tameng juga sudah disiapkan agar bisa lekas dipakai.

Tidak ketinggalan, puluhan Brimob turut bersiaga. Beberapa dari mereka membawa senjata pelontar gas air mata. Belasan anggota TNI tampak siaga di bagian belakang.

Saat ini, posisi massa pengunjuk rasa dan aparat berjarak 50 meter. Dipisahkan kawat berduri yang terpasang melintang di depan kantor Kementerian Pertahanan dan Museum Nasional.

Sementara itu, tiga mobil penyemprot air juga dipindahkan ke dekat pagar berduri di barisan aparat. Mobil tersebut mulanya diparkir di depan gedung MK.
[Gambas:Video CNN] (bmw/wis)