MUI Minta Warga Waspada Adu Domba Kasus SM Pembawa Anjing

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 15:48 WIB
MUI Minta Warga Waspada Adu Domba Kasus SM Pembawa Anjing Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi. (Detikcom/Zunita Amalia Putri).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi menyerahkan sepenuhnya ke kepolisian terkait kasus perempuan yang membawa anjing di masjid di Bogor, Jawa Barat. Video kejadian itu kemudian viral di media sosial.

"Menyerahkan sepenuhnya masalah ini kepada pihak yang berwenang untuk mengambil tindakan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku," ujar Zainut dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/7).

MUI sendiri mengapresiasi kepolisian yang bergerak cepat mengamankan perempuan berinisial SM (52) tersebut. Pun demikian, MUI meminta kepolisian mendalami kasus tersebut sehingga diketahui motif pelakunya.


"Menurut penilaian kami tindakan perempuan tersebut memang tidak patut dan bisa mengundang kemarahan umat Islam," kata Zainut.

Selain itu, MUI juga meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan berita-berita terkait kasus itu yang bernada provokatif dan bernuansa SARA.

"MUI meminta kepada semua pihak untuk tetap waspada terhadap pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kasus ini untuk mengadu domba antarelemen masyarakat khususnya antar umat beragama," ucap Zainut.

Diketahui video SM membawa anjing ke dalam Masjid Jami Al Munawaroh, Sentul viral di media sosial pada Minggu (30/6) sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam video, SM terlihat marah-marah terhadap pengurus masjid.

SM berteriak mencari suaminya yang dikabarkan menikah di Masjid tersebut. Saat itu, selagi marah-marah SM melepaskan anjingnya sehingga berkeliaran di dalam masjid.

Kini SM diamankan oleh Polres Kabupaten Bogor. Kapolres Kabupaten Bogor AKBP Andi M. Dicky mengatakan SM terindikasi mengalami gangguan jiwa. (bmw/osc)