FOTO: Penerapan e-Voting di Pilkades di Boyolali

ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Rabu, 03/07/2019 11:55 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 69 dari 229 desa di Boyolali menggunakan mekanisme e-voting dalam pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten tersebut tahun ini.

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menggelar pelaksanaan Pilkades serentak di 229 desa di wilayah tersebut tahun ini, di mana 69 di antaranya menggunakan mekanisme pemungutan suara berbasis teknologi, e-voting. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Warga antre di tempat pemungutan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berbasis elektronik atau e-voting di Kantor Desa Bendosari, Sawit, Boyolali, 29 Juni 2019. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Warga melindungi kepala dari panas matahari saat antre di tempat pemungutan suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berbasis elektronik atau e-voting di Kantor Desa Bendosari, Sawit, Boyolali. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Dispermasdes Boyolali menyatakan tahun 2019 adalah pelaksanaan keempat dalam proses Pilkades. Pemilih mendapatkan smart card untuk menyetor suaranya dalam Pilkades berbasis e-voting. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Petugas memasukan data pemilih tetap pada
Petugas mencetak hasil penghitungan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berbasis elektronik atau e-voting di Kantor Desa Bendosari, Sawit, Boyolali. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Pada proses pilkades, pemilih mendapatkan smart card setelah undangan memilih dicocokkan dengan data. Lalu, pemilih memilih foto calon kemudian keluar kertas 'barcode' yang dilipat untuk dimasukkan ke dalam kotak suara. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Warga mengamati foto calon kepala desa pada layar komputer saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berbasis elektronik atau e-voting di Kantor Desa Bendosari, Sawit, Boyolali, (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Sejumlah petugas, saksi dan pemilih tetap berada di dalam ruang pemungutan suara pada Pilkades berbasis elektronik atau e-voting di Kantor Desa Bendosari, Sawit, Boyolali, 29 Juni 2019. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Warga memasukan kertas
Petugas menunjukan hasil penghitungan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) berbasis elektronik atau e-voting di Kantor Desa Bendosari, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)