Aku & Jakarta

Atmosfer Cinta Widya untuk Planetarium Jakarta

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Kamis, 04/07/2019 19:08 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Widya Sawitar masih anak-anak saat pertama kali menginjakkan kaki ke Planetarium Jakarta di kawasan Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Rumahnya yang dekat dengan Planetarium Jakarta membuat lokasi itu menjadi arena bermain baginya saat kecil.
Sering berkunjung ke Planetarium membuat Wid, sapaan akrab Widya, akhirnya mulai menyukai dunia astronomi. Pengaruh sang ayah pun semakin mendorong pria itu untuk mendalami astronomi dan segala isinya.

Beranjak dewasa, Wid memutuskan untuk berkuliah di jurusan Astronomi di Institus Teknologi Bandung sebelum akhirnya 'pulang' ke Planetarium Jakarta dan mengabdikan dirinya di sana.

Sudah 28 tahun Wid bekerja di Planetarium Jakarta dan motivasinya selalu sama, yaitu untuk bisa memberikan edukasi soal astronomi kepada masyarakat, ilmu yang dia anggap sangat menarik sekaligus relatif sulit dimengerti oleh awam.

Menurutnya, ilmu astronomi dan luar angkasa selalu memberikan pengetahuan baru seiring berjalannya waktu dan itu membuat dia harus terus belajar demi bisa mengedukasi masyarakat.