FOTO: Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Jakarta

CNN Indonesia/Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 05/07/2019 17:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pencari suaka dari negara-negara yang berkonflik memadati trotoar Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat menanti jaminan dari lembaga pengungsi PBB UNHCR.

Sebelumnya, para pencari suaka ini mengaku pindah dari Kalideres ke Kebon Sirih karena merasa tidak mendapat kepastian dari UNHCR. Mereka akhirnya menanti kabar dengan mendatangi Menara Ravindo yang disebut sebagai lokasi kantor UNHCR. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pihak UNHCR memberikan penjelasan kepada pencari suaka yang berasal dari Afghanistan dan Somalia yang bertahan tinggal di depan Menara Rafindo, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Mereka sudah menetap di depan Menara Ravindo dalam sembilan hari terakhir. Mereka beralasan tak lagi memiliki uang untuk menyewa tempat tinggal dan meminta United Nations High Commissioner for Refugees ( UNHCR) membantu mereka. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pencari suaka dan bayinya bertahan di depan Menara Ravindo Kebon Sirih Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019. Sebelumnya mereka mengungsi di depan Rumah Detensi Imigrasi Kalideres selama 1,5 tahun. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga negara Afghanistan dan Somalia pencari suaka ke Indonesia berniat tetap tinggal di trotoar Kebon Sirih, Jakarta Pusat sampai mereka benar-benar mendapatkan kepastian berlindung dari Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pencari suaka atau pengungsi yang berasal dari Somalia, Sudan, Yaman, dan Afganistan itu membangun tenda-tenda dan meminta tempat tinggal serta suplai makanan di Kantor Badan PBB Untuk Pengungsi (UNHCR). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jemuran pakaian milik pencari suaka yang dijemur di pagar perkantoran di jalan kebon sirih, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pencari suaka asal Somalia menikmati nasi kotak di trotoar di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tak hanya di depan kantor UNHCR yang berada di Menara Ravindo, para pencari suaka pun menggelar
Warga negara Afghanistan pencari suaka ke Indonesia berniat tetap tinggal di trotoar Kebon Sirih, Jakarta Pusat sampai mereka benar-benar mendapatkan kepastian berlindung dari Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). (CNNIndonesia/Safir Makki)