Kemenhub Imbau Masyarakat Hindari Jalur Puncak Hari Ini

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 07/07/2019 11:39 WIB
Kemenhub Imbau Masyarakat Hindari Jalur Puncak Hari Ini Ilustrasi kemacetan di jalur Puncak. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan mengimbau agar masyarakat menghindari jalur Puncak, Bogor, karena diprediksi akan mengalami peningkatan volume kendaraan pada hari ini, Minggu (7/7) akibat masa libur sekolah dan penutupan jalan tol Jakarta - Cikampek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi meminta supaya masyarakat yang hendak ke Puncak untuk menunda perjalanan.


"Kami mengimbau kepada masyarakat yang telah berada di Puncak agar dapat kembali ke Jakarta pagi ini dan bagi masyarakat yang berkeinginan menuju wilayah Puncak dapat menunda perjalanan supaya tidak terjebak kemacetan," ucapnya melalui keterangan tertulis.


Budi menduga, kemacetan terjadi karena masa libur sekolah dan penutupan jalan tol Jakarta - Cikampek sehingga banyak kendaraan yang mengakses jalur Puncak.

Dia menyarankan supaya masyarakat yang ingin melewati Puncak bisa mengatur waktu untuk melalui jalur tersebut.

"Saya mengimbau agar masyarakat benar-benar mengatur pola perjalanannya supaya masyarakat tidak terjebak dalam antrian kemacetan. Imbauan tersebut juga untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas dari dan menuju wilayah wisata Puncak," tuturnya.


Diketahui kemacetan di Puncak bukan saja hari ini. Namun pada Sabtu (6/7) kemacetan sudah terjadi. Kapolres Kabupaten Bogor AKBP A. M. Dicky mengimbau masyarakat agar tidak melewati jalur tersebut.

Padatnya jumlah kendaraan berujung pada tidak diberlakukannya sistem satu arah. (gst/rea)