Kubu Airlangga Pertanyakan Kontribusi Bamsoet untuk Golkar

CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 14:46 WIB
Kubu Airlangga Pertanyakan Kontribusi Bamsoet untuk Golkar Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekretaris DPP Golkar Maman Abdurahman mempertanyakan andil Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo untuk mendongkrak suara partai pada Pemilu 2019 lalu. Maman menilai Bambang selaku Ketua DPR itu seharusnya punya potensi untuk meningkatkan suara Golkar di Pemilu kemarin.

"Beliau adalah Ketua DPR RI yang seharusnya patut kita pertanyakan juga kontribusi kepada Partai Golkar seperti apa? Posisinya sebagai Ketua DPR sangat cukup punya kekuatan untuk mendorong kenaikan perolehan kursi partai," kata Maman kepada CNNIndonesia.com, Selasa (9/7).

Maman justru membela kinerja Airlangga yang dinilainya berhasil membawa kenaikan elektabilitas bagi Golkar usai dirundung konflik internal pada medio tahun 2017 silam.


Hasil survei sebelum pemilu, kata dia, menunjukkan bahwa Golkar diprediksi hanya mampu meraih 7 persen dalam Pemilu 2019. Akan tetapi Airlangga justru berhasil mematahkan prediksi itu dengan berhasil meraup 12 persen suara sah bagi Golkar di Pemilu 2019.

"Artinya ada keberhasilan peningkatan. Bahwa memang menurun, iya, kita semua mengakui mengingat badai yang menerpa Partai Golkar sangat luar biasa," kata Maman.

Tak hanya itu, Maman juga turut mengkritik kehadiran politikus Senior Golkar Yorrys Raweai yang kini bergabung sebagai anggota timses Bamsoet untuk maju sebagai Ketum jelang Munas Golkar.

Diketahui, Yorrys sendiri sempat mengkritik kepemimpinan Airlangga yang dinilai menyimpang dari ketentuan peraturan organisasi. Yorrys menyatakan Airlangga membiarkan sembilan Ketua Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD di beberapa wilayah yang belum ditetapkan posisinya secara definitif dalam musyawarah daerah (Musda).

Maman sendiri tak heran jika Yorrys kerap membela Bamsoet habis-habisan saat ini. Sebab Yorrys memang merupakan Staf Ahli Ketua DPR.

"Artinya sangat terasa subyektifitasnya dan wajar dong Bang Yorrys membela Mas Bamsoet karena sekarang kan atasannya," kata Maman.

[Gambas:Video CNN] (rzr/osc)