Bukan Plesiran, TGPF Klaim Blusukan ke Ambon Cari Saksi Novel

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 05:39 WIB
Hendardi mengklaim kepergian TGPF ke luar kota bukan plesiran, namun untuk mencari saksi-saksi baru di kasus penyiraman air keras penyidik KPK Novel Baswedan. Tim TGPF Novel Baswedan klaim serius cari saksi-saksi baru. (CNNIndonesia/Gloria Safira Taylor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Gabungan Pencari Fakta kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengklaim melakukan penelusuran hingga ke luar kota DKI Jakarta yaitu Ambon, Malang dan Kebumen.

Hendardi, salah satu anggota TGPF, membantah jika kepergiannya ke luar kota itu bukan untuk mengusut kasus. Namun ia mengklaim sebagai mencari saksi-saksi baru dalam kasus Novel.

"Ada penjelajahan terhadap saksi-saksi kembali, penjelajahan antara alibi-alibi termasuk mengembangkan saksi-saksi, karena itu kenapa kami ada di Ambon, Malang, Kebumen dan sebagainya jelas bukan pelesir, itu urusannya adalah dalam rangka pengembangan saksi-saksi mencari saksi-saksi baru," klaim Hendardi saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/7).


Pencarian saksi-saksi baru itu, imbuh Hendardi, untuk mengetahui kebenaran dari orang yang sejak awal diduga terlibat dalam kasus tersebut.


"Yang bisa meyakinkan kami bahwa alibi-alibi orang-orang yang diduga terlibat atau terlibat di dalam kasus ini betul-betul memang merupakan alibi," tuturnya.

Tim gabungan itu sendiri diketahui dibentuk langsung oleh Tito lewat Surat Keputusan nomor: Sgas/ 3/I/HUK.6.6/2019. Tim yang beranggotakan 65 orang memiliki masa tugas selama enam bulan dan sudah habis kemarin, 7 Juli 2019.


Namun hingga kini Tito belum mengungkap hasil temuan dari TGPF ke publik. Tim sendiri mengaku telah memberikan laporan kepada Kapolri Tito Karnavian hari ini.

Rencananya Tito dan TGPF akan menyampaikan hasil temuan itu ke publik pekan depan. TGPF pun mengatakan terdapat temuan-temuan baru dari hasil investigasi selama enam bulan.

[Gambas:Video CNN] (gst/DAL)