Polisi Imbau Jakmania Tak Bawa Senjata Tajam dan Mercon

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 12:25 WIB
Polisi Imbau Jakmania Tak Bawa Senjata Tajam dan Mercon Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya mengimbau anggota Jakmania untuk tertib dan mengikuti aturan yang berlaku saat menonton pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Rabu (10/7).

"Untuk masyarakat dari Jakmania yang akan menonton sepak bola itu harus mengikuti aturan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi.

Argo menyampaikan sejumlah larangan bagi para suporter Persija. Mulai dari pelarangan membawa senjata tajam hingga mercon ke dalam area stadion.


"Jangan membawa senjata tajam, jangan membawa mercon yang bisa meluncur macam roket, itu semua tolong dihindari," ujarnya.


Lebih lanjut, Argo berharap Jakmania bisa menjadi contoh suporter yang baik dengan bertindak tertib dan mematuhi segala aturan yang berlaku.

"Kita harus bisa menunjukkan jadi tuan rumah yang baik, sehingga nanti masyarakat yang lain juga bisa mencontoh bahwa kita bisa untuk dijadikan contoh di dalam persepakbolaan Indonesia," ujarnya.

Pertandingan Persija Jakarta versus Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2019 di SUGBK telah mendapat izin dari pihak Polda Metro Jaya.


Polda Metro menerjunkan personel gabungan sebanyak 12.954 petugas untuk melakukan pengamanan. Nantinya, pola pengamanan akan dibagi menjadi empat ring.

Selain itu, Polda Metro juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas serta sejumlah kantong parkir untuk bus yang akan digunakan Jakmania.

Pertandingan ini merupakan kali pertama Persija melawan Persib yang digelar di SUGBK setelah 2014 silam. Sejak 2015 hingga 2018, pertandingan Persija menjamu Persib berlangsung di Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, polisi mulai melakukan sterilisasi jalan di sekitar SUGBK sejak pukul 11.44. Para pedagang maupun ojek online yang menunggu di pinggir jalan mulai ditertibkan.

Jelang pertandingan, tidak ada calo yang terlihat di SUGBK. Hal ini lantaran pengurus Jakmania sudah menginstruksikan bahwa seluruh tiket dijual secara online.


[Gambas:Video CNN] (dis/pmg)