Dishub DKI Kandangkan Metromini Pengadang Bus TransJakarta

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 15:22 WIB
Dishub DKI Kandangkan Metromini Pengadang Bus TransJakarta Ilustrasi Metromini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberhentikan operasional metromini yang mengadang bus TransJakarta jurusan Pasar Minggu-Tanah Abang.

"Kita sudah lakukan setop operasi terhadap kendaraan yang bersangkutan dan sekarang kendaraannya sudah dikandangkan di setop operasi," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (10/7).

"Kemarin kita langsung operasi dan kita dapatkan kendaraan yang bersangkutan," lanjut dia.


Saat operasi kendaraan, Dishub menindak kendaraan sekaligus izin kendaraan yang digunakan. Dishub juga menindak izin trayek serta uji kir kendaraan tersebut.

Kendati begitu, Syafrin mengaku tak menindak sopir metromini tersebut dan menyerahkan sopir itu ke operator metromini.

[Gambas:Instagram]
"Kita setop operasi dari baik itu metromini, kopaja, dan lain sebagainya yang melakukan pelanggaran termasuk kendaraan satu ini yang kemarin lakukan penghadangan B7094NP," tutup dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengapresiasi langkah Dishub dalam menindaklanjuti pengadangan yang diterima oleh TransJakarta. Agung berharap kejadian ini memberi efek jera sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Tindakan ini menjadi bukti bahwa setiap pelanggaran akan mendapatkan sanksi. Ini akan menjadi pelakaran bagi semua agar ke depannya hal ini tidak terjadi lagi karena pemerintah bersikap tegas menegakkan peraturan," ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/7).

Sebelumnya, dilaporkan bahwa sebuah bus TransJakarta dengan rute Pasar Minggu-Tanah Abang dihalang sebuah metromini pada Jumat (5/7) sekitar pukul 18.35 WIB. Pengadangan dilakukan saat proses menaik dan menurunkan penumpang di titik Komdak arah Pasar Minggu.

Sopir dan kondektur metromini sempat mengancam pramudi dan supir bis TransJakarta. Kejadian ini sempat menganggu pelayanan saat itu.
(CTR/arh)