Ketua DPR Minta Pansel KPK Diskusi dengan Komisi III

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 15:16 WIB
Ketua DPR Minta Pansel KPK Diskusi dengan Komisi III Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengundang Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) ke DPR untuk saling berdiskusi dan konsultasi dengan para anggota Komisi III DPR. Apalagi Pansel sebelumnya sudah bertandang ke Polri, KPK, dan Kejaksaan.

Bamsoet menyatakan sudah sepatutnya Pansel KPK bertandang ke Komisi III DPR karena merupakan mitra kerja KPK selama ini.

"Jadi kami mengundang pansel untuk datang juga ke komisi III. Jangan hanya kunjungi Polri, kejaksaan dan KPK," kata Bamsoet di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu (10/7).


Lebih lanjut Bamsoet berharap agar pertemuan itu dapat berlangsung dalam waktu dekat. Ia meyakini DPR akan memberikan berbagai masukan yang terbaik bagi Pansel agar melahirkan pimpinan KPK yang berkualitas.

"Mana tahu ada masukan-masukan yang bagus untuk pansel sehingga nanti tokoh-tokoh atau orang dikirim ke DPR hasil seleksi ratusan nama itu menjadi 10 itu memiliki kualitas yang baik," kata dia.

Politikus Partai Golkar itu membantah hanya mengistimewakan Pansel KPK saja untuk datang ke DPR. Ia berharap para pansel yang dibentuk oleh pemerintah bisa datang ke DPR di kemudian hari.

"Kebetulan saya komisi III. Saya berharap pansel-pansel lain juga begitu kalau ada ke mitra-mitra lain, misalnya pansel apa ke komisi XI atau komisi II, kan bagus," kata dia.

Sebelumnya, pendaftaran capim KPK periode 2019-2023 telah resmi ditutup pada Kamis (4/7). Panitia seleksi menyatakan ada 384 pendaftar yang tercatat masuk hingga batas waktu penutupan.

Para pendaftar capim KPK berasal dari berbagai elemen dan unsur. Sebut saja Polri, Kejaksaan, internal KPK, dan para profesional dari bidang lain.

Khusus internal KPK, tercatat ada tiga nama pimpinan lembaga antirasuah saat ini yang kembali mendaftar. Ketiganya, yakni Laode M. Syarief, Alexander Marwata, dan Basaria Panjaitan.

Pansel sendiri sudah mengunjungi sejumlah lembaga untuk meminta masukan terkait capim KPK. Mulai dari Polri, Kejaksaan, KPK, hingga BNPT. (rzr/osc)