Ketua Dewan Masjid Sebut Pemulangan Rizieq Perkara Sepele

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 04:55 WIB
Ketua Dewan Masjid Sebut Pemulangan Rizieq Perkara Sepele Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin ikut bersuara soal polemik pemulangan Rizieq Shihab. Menurutnya pemulangan Rizieq Shihab merupakan perkara sepele yang mestinya tak perlu dipermasalahkan.

"Jangan terlalu hal-hal yang sepele yang tidak perlu dimasalahkan jadi masalah," ujar Syafruddin di kantor DMI, Jakarta, Rabu (10/7).

Syafruddin berkata kepulangan Rizieq tergantung dari kemauan yang bersangkutan.


"Kepulangan Rizieq, kan, enggak ada masalah. Karena itu tergantung Habib Rizieq sendiri. Kan, tidak ada masalah kapan mau pulang. Tentang kepulangannya kan enggak ada masalah," tuturnya.

Rizieq Shihab sampai saat ini masih bermukim di Arab Saudi. Belakangan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengakui bahwa pemulangan imam besar Front Pembela Islam itu merupakan salah satu syarat mewujudkan rekonsiliasi dengan kubu Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan syarat lain dari rekonsiliasi adalah pembebasan sejumlah pendukung Prabowo-Sandi yang sempat ditahan beberapa waktu terakhir.

Menurutnya, syarat-syarat itu merupakan bagian dari proses agar perbedaan pendapat atau pandangan yang tajam di tengah masyarakat selama Pilpres 2019 dapat dikendurkan.

"Keseluruhan bukan hanya itu [pemulangan Rizieq], tapi keseluruhan. Kemarin-kemarin banyak ditahan-tahanin ratusan orang," kata Muzani kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (9/7).

Syafruddin tak mau mengomentari syarat rekonsiliasi itu. Dia beralasan tidak mengurusi masalah tersebut.

"Saya tidak tahu (syarat rekonsiliasi), saya nggak pernah menangani itu. Kalau anda tanya kepulangan ya biasa biasa saja. Habib Rizieq warga negara Indonesia," katanya.


(sas/wis)