Dari Cirebon, Nenek Jakmania Naik Mobil Boks Nonton Persija

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 20:50 WIB
Dari Cirebon, Nenek Jakmania Naik Mobil Boks Nonton Persija Pertandingan antara Persija Jakarta vs Persib Bandung pada Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Basuki Kumolo bersama empat anggota keluarganya menonton langsung pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Rabu (10/7). Mereka menumpang mobil boks dari Cirebon ke Jakarta.

Pria 38 tahun itu mengajak ibunya yang berusia 65 tahun dan ketiga anak Basuki yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Basuki mengklaim nenek dan cucunya itu juga bagian Jakmania, sebutan bagi pendukung Persija.

"Kami sekeluarga Jakmania," ujar Basuki dengan bangga kepada CNNIndonesia.com di SUGBK.


Basuki meminjam mobil boks untuk memboyong keluarga ke stadion utama. Mereka berangkat pada malam sebelumnya sekitar pukul sepuluh untuk menghindari macet.

"Saya dari rumah pakai truk boks jam 10 malam. Sampai di Jakarta sekitar jam 6 atau 7 pagi," kata Basuki.

Sepanjang perjalanan, mobil boks berkapasitas penumpang dua orang itu diisi Basuki, ibu, dan anak yang paling muda. Sementara, dua bocah lainnya duduk di dalam boks belakang. Terkadang mereka bertukar posisi ke bangku depan ketika merasa tak nyaman.

"Sebenarnya sih yang kasian ibu saya, dia kan sudah tua, tapi ya kita paksain aja habis takut macet," ujarnya.

Duel panas Persija versus Persib dimulai pukul 15.30 WIB. Selama hampir sepuluh jam, Basuki dan keluarganya rela menunggu gerbang stadion dibuka. Sesekali dia pergi mencari makanan.

Keluarga JakmaniaPara pendukung Persija Jakarta menonton pertandingan di SUGBK. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Menyimpan Atribut

Yogi, suporter Persija lainnya datang dari Purwakarta, Jawa Barat. Dia terpaksa menyembunyikan kostum tim kebanggaannya, Persija, saat berangkat ke Jakarta. Ada rasa waswas sekaligus tak sabar menonton duel panas pertandingan tersebut.

Pemuda 20 tahun itu mengaku sebagai Jakmania. Sepanjang perjalanan, Yogi menyimpan atribut klubnya. Dia tak ingin memancing amarah pendukung Persib selama melintasi wilayah Jawa Barat.

"Iya saya sembunyiin, nanti dipake di dalam (GBK) aja. Cari aman ajalah, daripada kenapa-kenapa," ujar Yogi saat ditemui CNNIndonesia.com di SUGBK.

Yogi bersama sepuluh temannya menyewa mobil seharga Rp1 juta untuk bisa menonton pertandingan secara langsung di stadion. Kapasitas mobil itu hanya untuk delapan orang. Terpaksa dua orang lainnya dipangku selama perjalanan lima jam ke Jakarta.

Pertandingan Persija versus Persib baru digelar kembali di SUGBK setelah 2014. Masalah keamanan kerap menjadi persoalan pelik jelang laga. Kedua suporter klub memiliki rivalitas tinggi hingga kerap memakan korban nyawa.

Keluarga JakmaniaPertandingan antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Liga 1 2019, Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 10 Juli 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan Viking atau Bobotoh, sebutan pendukung Persib Bandung, tidak akan menonton langsung pertandingan di SUGBK.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan pun tak yakin suporter Persib datang ke stadion untuk menonton pertandingan tim kesayangannya melawan Persija.

Harry mengatakan sebelum duel panas ini digelar, sudah ada perjanjian antarsuporter agar Bobotoh tak datang ke SUGBK.

"Sudah ada perjanjian antarkorlap kedua pendukung dan juga Polda kemarin bahwa pendukung Persib enggak diperbolehkan hadir. Lagi juga ada sanksi PSSI terhadap Bobotoh," ujar Harry kepada CNNIndonesia.com.

Duel Persija Jakarta vs Persib Bandung dalam laga Liga 1 2019 berakhir imbang dengan skor 1-1. Umpan sepak pojok dari pemain Persija, Riko Simanjutak, berhasil disundul oleh Marko Simic dan menjebol pertahanan Persib pada menit ke-75. Sementara Persib sukses menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol Arthur di masa injury time.
 

(ara/pmg)