Polisi: 33 Orang yang Diamankan dari Jakmania, Bukan Bobotoh

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 21:09 WIB
Polisi: 33 Orang yang Diamankan dari Jakmania, Bukan Bobotoh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengklarifikasi dugaan keberadaan suporter Persib Bandung atau Bobotoh yang menyusup ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Rabu (10/7).

Dia mengatakan 33 suporter yang diamankan saat gelaran lanjutan Liga 1 Persija Jakarta versus Persib di stadion itu adalah Jakmania, bukan Bobotoh. Hal tersebut, kata Argo, diketahui setelah pihaknya melakukan pemeriksaan intensif.

"Memang dari kasat mata betul dan dia ditanya pun dari The Jakmania, " ujar Argo saat ditemui di SUGBK, Jakarta, Rabu (10/7).


Argo mengatakan puluhan suporter yang diamankan itu berasal dari luar DKI Jakarta. Rinciannya adalah 27 orang dari Indramayu, empat dari Cisarua Bogor, dan dua dari Cirebon.

"Dari sana dia [ada kelompok suporter] yang naik kereta api kepengen nonton [Persija versus Persib], dia menggunakan atribut Jakmania," sambungnya.


Soal keberadaan suporter bukan bobotoh itu pun dikonfirmasi Sekretaris Umum Jakmania Diky Soemarno. Diky mengatakan puluhan suporter yang tak mendapat tiket sehingga bersembunyi di dalam stadion.

"Kena pas sterilisasi. Itu teman-teman pendukung Persija juga dari Cirebon dan Indramayu," ujar Diky.

Dalam laga tersebut, demi keamanan, polisi memang telah mencegah bobotoh menonton langsung di SUGBK. Itu pun disebutkan sudah disepakati koordinator suporter Persib, juga Persija.

Polisi Tegaskan 33 Jakmania yang Dimankan, Bukan BobotohPetugas polisi berada di tribun suporter di antara Jakmania yang menyaksikan Persija vs Persib, SUGBK, Jakarta, 10 Juli 2019. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)


Sebelumnya dikabarkan ada puluhan suporter diduga bobotoh yang diamankan polisi di SUGBK. Mereka diduga sengaja menyusup untuk menonton laga Persija menjamu Persib di stadion tersebut.

Pertandingan Persija vs Persib sendiri berakhir dengan skor 1-1. Persija lebih dulu unggul melalui gol yang dicetak Marko Simic di menit 75. Namun, kemenangan di depan mata itu dibuyarkan pemain cadangan persib Arthur Gevorkyan yang membobol gawang Persija pada masa perpanjangan waktu babak kedua.

Sementara itu, usai laga, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 19.00 WIB para pendukung Persija Jakarta berangsur mulai meninggalkan SUGBK.Sementara itu, petugas kebersihan terlihat sedang menyapu dengan dibantu mobil pembersih sampah.

(ryn/kid)