Setelan Serbahitam, Gubernur Kepri Nurdin Basirun Tiba di KPK

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 14:40 WIB
Setelan Serbahitam, Gubernur Kepri Nurdin Basirun Tiba di KPK Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun saat tiba di gedung KPK, Kamis (11/7). (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di gedung KPK bersama enam orang yang diciduk dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kepulauan Riau. Satu di antara enam orang yang diamankan diketahui merupakan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

Pantauan CNNIndonesia.com, Nurdin tiba di gedung komisi antirasuah sekitar pukul 14.25 WIB. Nurdin mengenakan setelan serbahitam saat memasuki Gedung Merah Putih KPK. Nurdin tak berkomentar sedikitpun.

Selain Nurdin kelima orang yang ikut terjaring OTT juga sudah tiba lebih dulu di Gedung KPK. Mereka terdiri dari unsur kepala dinas, kepala bidang, PNS, dan pihak swasta terbang ke Jakarta.


Dalam operasi senyap di Kepri, kemarin, KPK mengamankan uang dalam pecahan rupiah dan mata uang asing. KPK juga mengamankan uang senilai Sin$6.000 terkait dengan izin lokasi untuk rencana reklamasi.
"Sedang dalam proses perhitungan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (11/7).

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK melakukan OTT di Kepulauan Riau, pada Rabu (10/7) malam. Febri mengatakan OTT itu terkait dengan izin lokasi rencana reklamasi di Kepulauan Riau.

"Diduga ini bukan penerimaan pertama," kata Febri.

Febri memastikan status para pihak yang terjaring OTT akan ditentukan hari ini. Sesuai dengan hukum acara, KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status hukum pihak yang diamankan.
[Gambas:Video CNN]


(sah/ain)