Lengser Wapres, JK Fokus Urus Dewan Masjid

CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 20:14 WIB
Lengser Wapres, JK Fokus Urus Dewan Masjid Wakil Presiden Jusuf Kalla berniat mengurus Dewan Masjid Indonesia dan pekerjaan sosial lainnya usai melepas jabatan pada Oktober mendatang. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla berniat mengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan pekerjaan sosial lainnya usai tak lagi menjabat sebagai wapres. Masa jabatan Wapres JK diketahui akan segera berakhir pada Oktober 2019.

"Saya istirahat 100 hari lagi, kembali ke pekerjaan semula, urus DMI, urus agama, pendidikan, urusan sosial lainnya. Dan tentu memberi sumbangan pikiran," ujar JK dalam diskusi dengan peserta pelatihan Lemhanas di istana wakil presiden, Jakarta, Kamis (11/7).

JK mengatakan, telah menjalani karier selama 20 tahun di pemerintahan. Ketua Umum DMI ini mengibaratkan perjalanan kariernya seperti tentara yang meningkat secara bertahap.

"Mulai dari perwira menengah dulu baru perwira tinggi, saya menteri, habis menteri jadi menko, dari menko jadi wapres, naik pangkat lagi cuma yang nomor satu (presiden) tidak bisa dicapai. Kalah saya waktu 2009 itu," kelakarnya.

Sebelum mendampingi Joko Widodo sebagai wapres sejak 2014, JK pernah menjabat sebagai wapres pada 2004-2009 mendampingi Soesilo Bambang Yudhoyono.


JK sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid dan Menko Kesra di masa pemerintahan Presiden Megawati Sukarnoputri.
[Gambas:Video CNN] (psp/gil)