Polres Bogor Limpahkan Berkas Perempuan Bawa Anjing ke Kejari

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 19:03 WIB
Polres Bogor Limpahkan Berkas Perempuan Bawa Anjing ke Kejari Kapolres Bogor AKBP AM Dicky (kanan). (Dok. Polres Bogor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polres Bogor telah mengirimkan berkas perkara atau tahap I SM, tersangka perempuan yang membawa anjing ke Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor, ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky mengatakan berkas tersebut dikirimkan Rabu (10/7). Pihaknya akan menunggu hasil penelitian dari jaksa soal kelengkapan berkas itu.

"Kasus Penistaan Agama yang dilakukan oleh Tersangka perempuan berinisial SM (52) yang masuk ke dalam masjid Al Munawaroh dengan membawa seekor anjing serta menggunakan alas kaki sudah dilimpahkan berkas tahap pertama ke Kejaksaan Negeri Cibinong Kabupaten Bogor," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (12/7).


Jika jaksa menyatakan berkas telah lengkap, pihaknya akan langsung melakukan tahap dua atau penyerahan barang bukti dan tersangka ke kejaksaan.

"Bila berkas perkara dinyatakan lengkap oleh kejaksaan maka penyidik akan melakukan tahap dua agar perkara ini dapat diproses oleh kejaksaan kepada Pengadilan untuk kemudian di lakukan sidang," tuturnya.

SM telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan penistaan agama atas perilakunya di Masjid Al Munawaroh. Namun hasil tes kejiwaan yang dilakukan di RS Polri menyatakan jika SM mengalami skizofrenia.

Sejauh ini, polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh saksi dan tiga ahli yaitu ahli hukum pidana, ahli psikiatri dan ahli agama.

Diketahui pada Minggu (30/6) sekitar pukul 14.00 WIB, SM mendatangi Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor dengan membawa seekor anjing. Dia memasuki masjid dengan alas kaki yang masih terpakai dan seekor anjing padahal sudah dilarang.

Percekcokan pun terjadi. SM beralasan ingin mencari suaminya. Hal tersebut pun dilaporkan ke polisi dan pukul 16.00 WIB, SM diamankan ke Polres Bogor.

[Gambas:Video CNN] (gst/arh)