Polisi Tangkap 2 Pelaku Penipu Dirut Tempo di Makassar

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 14:37 WIB
Polisi Tangkap 2 Pelaku Penipu Dirut Tempo di Makassar Kepolisian berhasil menangkap pelaku penipuan yang dilakukan terhadap Dirut Tempo Inti Media (Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menangkap pelaku penipuan yang mengaku sebagai Direktur Utama PT Tempo Inti Media Toriq Hadad. Pelaku juga meretas akun WhatsApp milik Toriq. 

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan mengatakan ada dua pelaku yang telah ditangkap. Mereka adalah Nakir (25) dan Sukmawati (26). Keduanya ditangkap pada waktu dan lokasi berbeda. 

Penangkapan pertama dilakukan terhadap Sukmawati yaitu di Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan pada 9 Juli.


"Tersangka S perannya yang mengambil dana transfer dari saksi A di ATM," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (12/7).

Kemudian, kata Iwan, polisi menangkap Nakir di rumah kosnya di Makassar. Nakir berperan sebagai peretas sistem elektronik Whatsapp milik Toriq. 

Penangkapan dilakukan usai Toriq mengajukan laporan ke Polda Metro Jaya pada 2 Juli lalu. Dalam kasus ini, tiga saksi telah menjalani pemeriksaan. 

Saat ini, kata Iwan, polisi masih terus melakukan penyelidikan. Keduanya pun masih dalam perjalanan menuju Polda Metro Jaya. 

Nakir dan Sukmawati dijerat dengan Pasal 30 jo pasal 46 dan/atau pasal 36 jo pasal 51 ayat (2) dan/atau pasal 35 jo pasal 51 ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang ITE. 

(bmw)