Masyarakat Dibolehkan Beri Sumbangan ke Pencari Suaka UNHCR

CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 16:11 WIB
Masyarakat Dibolehkan Beri Sumbangan ke Pencari Suaka UNHCR Pencari suaka berharap janji UNHCR di ibu kota Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Sosial DKI Jakarta mengizinkan masyarakat yang ingin menyalurkan sumbangan kepada para pencari suaka atau pengungsi UNHCR yang kini mengungsi di beberapa wilayah ibu kota.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah menyarankan bantuan yang diberikan dapat berbentuk makanan tambahan dan minuman.

"Kalau mau ada yang kirim bantuan (boleh). Tapi bukan dalam bentuk beras tapi makanan tambahan atau minuman juga boleh," kata Irmansyah saat dihubungi, Jumat (12/7).


Hal ini diungkapkan Irmansyah karena DKI sedianya sudah menyiapkan kebutuhan pokok bagi para pencari suaka. Selain makanan dan minuman tambahan, Irmansyah menyarankan agar masyarakat bisa memberikan kebutuhan kepada balita.


"Nah kita berharap juga kalau mungkin nanti ada yang berikan barangkali bantuannya ya nanti bisa juga disampaikan. Nanti kita lihat yang balita nih, nanti kita distribusikan," jelas dia.

Bagi yang ingin memberikan bantuan, Irmansyah meminta agar masyarakat bisa langsung mendatangi kawasan Eks Kodim Jakarta Barat. Di sana akan ada Dinas Sosial dan dari UNHCR  yang bakal menerima bantuan.

"Langsung ke lokasi di sana. Kan, lokasi di sana ada petugas-petugas dari Dinsos. Lalu juga ada dari UNHCR. Nanti kita kumpulkan di sana baru kita distribusikan," jelas dia.


"Jadi jangan sampai 'saya mau ngasih langsung' jangan," lanjut dia.

Para pencari suaka sebelumnya menduduki trotoar di Jalan Kebon Sirih, tepat di depan kantor UNHCR. Setidaknya ada 1.100 pencari suaka yang ditangani DKI saat ini. Mereka mendapatkan fasilitas tenda hingga makanan selama tujuh hari. 

[Gambas:Video CNN]

(ctr/DAL)