Tak Bisa Masuk Penampungan, Pengungsi Adang Mobil UNHCR

CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 19:36 WIB
Tak Bisa Masuk Penampungan, Pengungsi Adang Mobil UNHCR Petugas perwakilan UNHCR berbincang dengan pencari suaka di luar eks gedung Kodim, Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, 12 Juli 2019. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan warga pencari suaka asal Afghanistan sempat mengadang mobil perwakilan UNHCR, Kalideres, Jakarta Barat karena tak bisa masuk ke selter atau penampungan di eks Gedung Kodim Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, peristiwa itu bermula saat puluhan pengungsi pencari suaka tak bisa masuk ke dalam penampungan itu karena tak teregister sebelumnya. Tak puas atas apa yang terjadi, para pengungsi yang masih berada di luar itu menahan mobil perwakilan UNHCR yang akan melintas.


Mereka pun terlibat dengan perbincangan alot dengan pihak UNHCR, agar bisa masuk ke dalam gedung tersebut. Peristiwa pengadangan itu terjadi hingga sekitar waktu Magrib. Polisi turun tangan untuk mengamankan, hingga sekitar pukul 18.30 WIB situasi bisa kondusif kembali.


Seluruh pengungsi diminta untuk masuk ke penampungan dan gedung eks Kodim kini dijaga ketat polisi dan TNI.

Belum ada keterangan lebih lanjut dari UNHCR, maupun polisi terkait peristiwa ini.

(ara/kid)