MKGR Deklarasi Dukung Airlangga Jadi Ketum Golkar Hingga 2024

CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 01:31 WIB
MKGR Deklarasi Dukung Airlangga Jadi Ketum Golkar Hingga 2024 Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dinilai MKGR sosok yang tepat untuk kembali memimpin Partai Golkar hingga 2024. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi Sayap Partai Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk menjadi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode 2019-2024.

Ketum MKGR Roem Kono mengatakan alasan pihaknya mendukung Airlangga adalah karena Golkar memerlukan figur pemimpin yang mempunyai kapasitas dalam memerhatikan seluruh elemen guna memperkuat Partai Golkar hingga 2024 mendatang.

Ia berharap kepemimpinan Airlangga nantinya akan melahirkan solidaritas sehingga Golkar memenangkan Pemilu 2024 mendatang.

"Malam ini, (MKGR) berkumpul mendukung Airlangga menjadi Ketum 2019-2024," kata Roem dalam acara Deklarasi yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/7) malam.


Ia pun menyampaikan MKGR mengapresiasi kepemimpinan Airlangga yang sudah mampu mengantarkan Partai Golkar masuk peringkat dua besar secara nasional di Pemilu 2019 silam. Tak hanya itu, katanya, Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga juga telah berhasil meraih kursi terbanyak kedua, yakni 85 kursi legislatif tingkat pusat.

Menurut Roem, hal itu merupakan prestasi mengingat kompleksitas dan problematika di tubuh Partai Golkar, serta pendeknya waktu untuk mengonsolidasikan internal partai Golkar jelang Pemilu 2019 silam.

"Pemilu 2019 telah mampu kita lalui dengan berbagai problematika yang kompleks, selama hampir tiga tahun berturut-turut, Partai Golkar didera konflik internal," kata Roem.

Selain itu, lanjutnya, Airlangga juga berhasil mengatasi berbagai masalah yang mendera Golkar seperti kepemimpinan ganda hingga melaksanakan Musyawarah Nasional sebanyak empat kali sampai persoalan hukum yang menimpa elite tokoh Partai Golkar baik di level pusat maupun daerah yang berdampak pada menurunnya tingkat elektabilitas Partai Golkar.



Berangkat dari hal tersebut, menurutnya, MKGR melihat bahwa Airlangga merupakan sosok yang masih diperlukan untuk menuntaskan dan melanjutkan masa kepemimpinannya sebagai Ketum.

"Agar kita mampu secara bersama-sama untuk meraih kemenangan pada pemilu 2024," katanya.


Menyikapi deklarasi dukungan yang disampaikan MKGR, Airlangga menyampaikan aspirasinya. Menurutnya, dukungan MKGR kali merupakan kelanjutan dari dukungan yang pernah disampaikan jelang Munas Luar Biasa Golkar pada 2017 silam.

"Saya mengapresiasi dukungan MKGR, karena bagi saya dukungan ini nerupakan dukungan berlanjut karena dalam Munaslub yang lalu juga MKGR juga ikut mendukung maka saya," kata dia.

Dalam deklarasi ini turut hadir Sekjen DPP MKGR Adies Kadir dan jajaran pengurus DPP MKGR, DPD I MKGR Provinsi se-Indonesia, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Ketua DPP Partai Golkar Zainudin Amali, Ketua DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, Dewan Pertimbangan Ormas MKGR Melchias Markus Mekeng. (mts/agi)