Pramono Anung hingga BG Disebut Otak Pertemuan Jokowi-Prabowo

CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 14:28 WIB
Pramono Anung hingga BG Disebut Otak Pertemuan Jokowi-Prabowo Kepala BIN Budi Gunawan disebut berperan dalam mewujudkan pertemuan Prabowo Subianto-Joko Widodo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto dimungkinkan lewat upaya sejumlah elite politik. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan nama-nama yang mempunyai andil besar atas pertemuan itu.

"Ada Pak Pram (Pramono Anung), Pak BG (Budi Gunawan), ada Pak Edhy Prabowo. Mereka orang-orang baik semua," ujar Budi Karya yang hadir dalam pertemuan Jokowi-Prabowo di FX Senayan, Sabtu (13/7).

Pramono adalah politikus senior PDI Perjuangan. Kini dia menjabat Sekretaris Kabinet. Sementara Budi Gunawan adalah Kepala Badan Intelijen Negara. Adapun Edhy Prabowo menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Gerindra.


Budi tak merinci peran dari masing-masing tokoh tersebut. Namun, pertemuan Jokowi dan Prabowo pada hari ini telah mendatangkan banyak harapan dari semua pihak. 

Jokowi dan Prabowo bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus. Dalam pertemuan itu Jokowi dan Prabowo saling berjabat tangan dan setengah berpelukan.

Prabowo bilang siap mendukung pemerintah lima tahun ke depan. Sementara Jokowi menegaskan tidak ada lagi istilah kecebong dan kampret.

Pertemuan itu disebut sebagai pijakan penting menuju upaya rekonsiliasi kedua kubu yang bertarung sengit di Pilpres 2019. 

Budi menuturkan Budi menuturkan pertemuan sengaja diatur agar dapat disaksikan oleh masyarakat luas.

Menurut dia, hal tersebut dapat memberikan efek yang luar biasa mengingat sempat terjadi perpecahan antarkedua pendukung selama dan setelah pilpres.

"Ya, sebenarnya satu, yang rileks itu akan lebih baik. Kita bersama, di luar secara bersama menjadi luar biasa," tukasnya.

[Gambas:Video CNN] (ryn/wis)