Suhu di Arab saat Musim Haji Diperkirakan Capai 50 Derajat

CNN Indonesia | Minggu, 14/07/2019 09:49 WIB
Suhu di Arab saat Musim Haji Diperkirakan Capai 50 Derajat Jamaah haji. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Mekkah memperkirakan suhu udara di Arab saat musim haji 2019 ini akan ekstrem. Mereka bahkan memperkirakan suhu udara bisa melebihi 50 derajat celsius.

Tim Dokter Jaga KKHI Daerah Kerja (Daker) Mekkah Edy Ramdhani mengatakan agar suhu tersebut tidak mengakibatkan gangguan kesehatan, termasuk dehidrasi, pihaknya akan menerapkan gerakan minum bersama kepada jamaah haji. Setiap dua atau tiga jam sekali, jamaah akan diminta untuk minum air.


"Nanti di tiap kloter akan diberikan penguatan seperti itu sehingga dengan minum bersama konsumsi cairan benar-benar bisa diukur dan dilakukan," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (14/7).


Gerakan minum bersama katanya, diterapkan karena tim dokter selama ini melihat ada kecenderungan yang salah dari jamaah haji Indonesia. Mereka sering kurang sadar dalam minum air secara cukup. 

Padahal, kecukupan konsumsi air cukup diperlukan terutama saat cuaca panas. Novita Silvana yang juga Tim Dokter Jaga KKHI mengatakan selain konsumsi air yang cukup, pihaknya juga meminta jamaah untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur yang disediakan pihak katering.

"Gunakan juga alat pelindung seperti payung, topi, kacamata dan sandal," katanya.

[Gambas:Video CNN] (Antara/agt)