Airlangga Klaim Didukung 460 Pemilik Suara untuk Munas Golkar

rzr, CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 04:50 WIB
Airlangga Klaim Didukung 460 Pemilik Suara untuk Munas Golkar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (kiri). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto mengklaim telah menerima dukungan dari 460 pemilik suara sah baik ditingkat DPD I dan DPD II untuk maju sebagai ketua umum di musyawarah nasional (Munas) partai tersebut pada Desember mendatang.

"Alhamdullilah dukungan terus mengalir dan sampai saat sekarang sudah 460 dan masih berjalan," kata Airlangga di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Senin (15/7).

Meski begitu, Airlangga menyatakan tak akan melakukan deklarasi pencalonan kembali secara resmi dalam waktu dekat. Ia mengatakan waktu pelaksanaan Munas masih jauh.


"Nanti aja [deklarasinya], Munasnya aja masih Desember," katanya.


Airlangga pun enggan berspekulasi terkait siapa tokoh yang akan mendapatkan sinyal restu dari presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai kandidat Ketum Golkar.

"Tergantung arah mata angin," kilahnya.

Ditemui pada waktu dan tempat terpisah, Airlangga pun enggan berkomentar banyak soal pertemuan Wakorbid Pratama DPP Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dengan Jokowi di Istana Kepresidenan hari ini.

"Tidak ada komentar," kata Airlangga singkat saat ditemui di Hotel Grand Melia, Jakarta, Senin (15/7).

Saat didesak lebih jauh apakah pertemuan itu sebagai tanda restu Jokowi untuk Bamsoet untuk maju sebagai calon ketum Golkar, ia tetap bergeming.

Usai mengucapkan hal itu, Airlangga kemudian langsung bergegas masuk menuju mobil dinas menteri berwarna hitam yang sudah terparkir di lobby Hotel.

Sebelumnya, Bamsoet bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Bamsoet tak menyampaikan soal rencana maju sebagai calon ketua umum parpol berlambang pohon beringin tersebut.

"Tadi kami bicara soal Golkar saja. Tidak ada dukung-mendukung (pemilihan ketua umum Golkar)," kata Bamsoet

Bamsoet merupakan salah satu kandidat calon ketua umum Golkar. Diperkirakan, Bamsoet akan bersaing dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang juga memutuskan kembali maju sebagai petahana.


[Gambas:Video CNN] (kid)