Menteri Tjahjo Perintahkan PNS Taat kepada Jokowi

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 10:56 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo juga menyampaikan PNS harus loyal dan meneruskan visi dan misi pemerintahan Jokowi dalam setiap pengambilan kebijakan. Mendagri Tjahjo Kumolo minta PNS harus loyal dengan pemerintahan terpilih yakni Jokowi-Ma'ruf. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut aparatur sipil negara (ASN) Kemendagri, BNPP, dan IPDN harus taat kepada Presiden Joko Widodo yang baru saja terpilih kembali.

Tjahjo menyebut ASN atau pegawai negeri sipil (PNS) itu wajib menyukseskan visi, misi, dan program pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dari tingkat nasional hingga daerah.

"ASN harus tegak lurus, loyal, dan taat kepada pemerintah yang terpilih secara sah dan konstitusional. Tegak lurus maksudnya adalah mampu memahami, menjabarkan, dan mengimplementasikan visi misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih," kata Tjahjo lewat keterangan tertulis, Selasa (16/7).


Berdasarkan visi dan misi baru Jokowi, kata Tjahjo, setidaknya ASN berkewajiban ikut serta dalam reformasi birokrasi, inovasi birokrasi, dan pelayanan publik.


Politikus PDIP itu juga menyampaikan ASN harus meneruskan visi dan misi Jokowi dalam setiap pengambilan kebijakan.

"Di samping setiap keputusan politik pembangunan, juga wajib mengimplementasikan nilai-nilai Sila dari Pancasila," tuturnya.

Menteri Tjahjo Perintahkan PNS Harus Taat Kepada JokowiMendagri Tjahjo Kumolo. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Sebelumnya, pada Minggu (14/7), Jokowi memaparkan lima visi untuk pemerintahan periode kedua. Visi Jokowi adalah pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, mengundang investasi, mereformasi birokrasi, dan menjamin penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran. 


Kendati demikian, visi Jokowi tersebut menuai beberapa kritikan, di antaranya Jokowi tidak menyinggung soal penegakan hukum dan HAM.

Menteri Tjahjo Perintahkan PNS Harus Taat Kepada JokowiMendagri minta PNS patuh dengan pemerintah terpilih. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

KPU telah menetapkan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

[Gambas:Video CNN] (dhf/DAL)