Soal Kursi Jaksa Agung, Surya Paloh Klaim Dukung Total Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 00:20 WIB
Soal Kursi Jaksa Agung, Surya Paloh Klaim Dukung Total Jokowi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) mengaku dukung apapun kebijakan Presiden Jokowi (kiri) soal kursi Jaksa Agung. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait posisi Jaksa Agung pada periode kedua pemerintahannya.

"Sama sekali bukan mempertahankan atau meminta kembali, iya enggak? Jadi kebijakan presiden secara totalitas mendapatkan dukungan dari NasDem," kata Paloh di Akademi Bela Negara NasDem, Pancoran, Jakarta, Selasa (16/7).

Saat ini, Jaksa Agung dijabat oleh Mohammad Prasetyo yang merupakan kader Partai NasDem. Pada 2014, ia ditunjuk Jokowi untuk menjadi Jaksa Agung. Prasetyo sebelumnya adalah anggota DPR dari Fraksi NasDem yang terpilih pada Pemilu 2014.


Surya pun menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi terkait posisi Jaksa Agung selanjutnya.

"Itu terserah semuanya, hak prerogratif persiden," tuturnya.

Sementara terkait dengan kursi menteri, dia juga tak muluk-muluk. Ia mengatakan pemilihan menteri untuk kabinet pemerintahan selanjutnya menjadi kewenangan penuh Jokowi. Surya juga mengklaim belum menyodorkan nama menteri.

"Enggak ada target [jumlah kursi menteri]. Jadinya karena konsekuensi dan statement seperti itu, enggak ada target apa-apa," ujarnya

[Gambas:Video CNN] (fra/arh)