Anies Perpanjang Waktu Kunjungan ke Luar Negeri Sehari

CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 16:54 WIB
Anies Perpanjang Waktu Kunjungan ke Luar Negeri Sehari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang waktu kunjungannya ke luar negeri dan menunda kepulangannya ke Tanah Air. Anies dijadwalkan tiba di Jakarta, Indonesia, Kamis (18/7). Namun, hari ini Anies justru  baru akan terbang .

"Jadinya besok (tiba di Jakarta). (Anies) sudah di pesawat dengan perjalanan sekitar 20 jam-an ya," kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Mawardi di Balai Kota, Kamis (18/7).

Mawardi menjelaskan keterlambatan pulangnya Anies selama satu hari karena ada agenda tambahan mendadak. Namun Mawardi belum merinci secara detail bentuk agenda tambahan Anies tersebut.


Ia hanya menegaskan bahwa Anies sudah mengajukan izin kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dinas tambahan tersebut.

"Hari ini kan kita ada agenda tambahan dan kita sudah sampaikan, bersurat ke Pak Menteri untuk besok tiba di Jakarta," jelas Mawardi.
Anies melakukan perjalanan ke luar negeri mulai tanggal 9 Juli 2019 dengan tujuan ke Meddeline, Kolombia. Di sana Anies menghadiri acara pertemuan wali kota atau kepala daerah sedunia.

Dari Kolumbia Anies terbang ke New York, Amerika Serikat. Di sana Anies juga memenuhi undangan Diaspora Indonesia di Washington. Terakhir, Mawardi mengatakan penerbangan Anies dilakukan dari Washington menuju Jakarta.

Awalnya Anies akan tetap mengambil kepulangan di hari yang sama, namun ia tidak mendapat penerbangan ke Jakarta.

"Iya, kayaknya terakhir di Washington. Karena hari terakhir aja menginformasikan ada agenda tambahan. Tidak ada penerbangan yang langsung, jadi harus menunggu pada hari berikutnya," jelas Mawardi.

Rencananya Anies akan kembali bekerja besok pagi seperti biasa. Tidak ada lagi perjalanan tambahan Anies.

"Besok, Insya Allah besok, langsung karena tibanya pagi, jam 07.00. Biasanya langsung (kerja), Pak Gubernur kan kalau ini langsung," kata dia.
[Gambas:Video CNN] (ctr/ain)