Aku & Jakarta

Ilyas dan Memori Indah di Pesisir Jakarta

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 19:00 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Lahir 36 tahun yang lalu, Syamsudin Ilyas besar dan tumbuh di indahnya pesisir pantai utara Jakarta, tepatnya di wilayah Cilincing.

Namun seiring perkembangan waktu, keindahan pesisir Jakarta hilang akibat pembangunan di sana-sini.

Kenangan indah soal Cilincing pun kini hanya ada di otak Ilyas karena dia tidak sempat mengabadikan momen-momen indah tersebut.

Terdorong kenyataan pahit tersebut, Ilyas pun memutuskan untuk mendalami dunia fotografi agar dia bisa merekam segala bentuk perkembangan dan kehidupan masyarakat di Jakarta Utara.

Lima tahun sejak belajar fotografi, Ilyas mulai berpikir untuk menurunkan ilmunya tersebut kepada anak-anak di pesisir Jakarta.

Dia mengaku tak mau apa yang dia alami di masa lalu akan terjadi pada anak-anak jaman sekarang.

Akhirnya pada 2018 dia membentuk Sekolah Jurnalis Cilik dan memberikan pelajaran dasar jurnalistik dan fotografi bagi anak-anak di Cilincing.

Menurutnya dunia jurnalistik dan fotografi tak lagi terbatas pada orang dewasa tapi juga bisa diajarkan kepada anak-anak.

Dia ingin anak-anak itu merekam apapun kondisi di sekitarnya agar bisa menjadi kenangan di masa depan nanti, sekaligus memperlihatkan perkembangan zaman.

Hal yang saat kecil tak bisa dilakukan oleh Ilyas sendiri.