Banjir Rendam Rumah Warga Tiga Desa di Aceh Jaya

CNN Indonesia | Minggu, 21/07/2019 03:15 WIB
Banjir Rendam Rumah Warga Tiga Desa di Aceh Jaya Ilustrasi banjir. (ANTARA FOTO/Jojon).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah rumah warga di tiga desa di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, terendam banjir, Sabtu (20/7). Ketiga desa, yakni Desa Gampong Dayah, Kecamatan Krueng Sabee dan Desa Gampong Baro serta Desa Babah Dua, Kecamatan Darul Hikmah.

Ketinggian air berkisar antara 20 centimeter hingga 70 centimeter disebabkan hujan yang melanda kawasan tersebut. Akibatnya saluran pembuangan air dan aliran sungai di kawasan tersebut meluap sehingga mengakibatkan rumah warga terendam air.

"Penyebab banjir ini akibat guyuran hujan yang melanda kawasan Aceh Jaya sejak Sabtu sore," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Aceh Jaya, Dadek dikutip dari Antara, Minggu (21/7).


Ada pun jumlah warga yang terdampak akibat musibah ini terdiri dari 17 jiwa atau 4 kepala keluarga di Desa Dayah Baro, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya karena rumahnya terendam air.


Kemudian di Desa Gampong Baro, Kecamatan Darul Hikmah 30 jiwa atau 7 kepala keluarga terdampak banjir.

"Sedangkan jumlah warga yang terdampak banjir di Desa Babah Dua, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya juga masih dalam pendataan petugas BPBD setempat," kata Dadek.

Hingga Sabtu malam, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBK Aceh Jaya masih melakukan pemantauan dan pendataan ke titik lokasi yang terkena banjir. Mereka juga melakukan pembersihan saluran parit agar luapan air tidak lagi menggenangi rumah warga di daerah tersebut.


[Gambas:Video CNN] (Antara/osc)